5 Makanan Mengandung Karbohidrat Pengganti Nasi – Usia 17 bulan (tepatnya besok tanggal 16 Desember 2015), Salfa makin aktif dan aktif saja. Saya sebagai mommy-nya jujur saja sering merasa kewalahan untuk mengikuti setiap pergerakannya. Apalagi jika hal tersebut masih terus saja dilakukan pada jam-jam istirahat. Harusnya sudah enak tidur siang, eh masih harus menenami si Salfa bermain tanpa terlihat rasa capek sekalipun di wajahnya.

Namun, kali ini saya tidak akan membahas soal apa saja yang dimainkan Salfa saat ini. Tetapi lebih kepada asupan makanan yang mendukung aktivitasnya saat ini. Apalagi saya mengalami kesulitan jika melihat Salfa sudah tidak begitu suka dengan bahan makanan pokok seperti nasi. Duh, rasanya hati ini kecewa kalau sudah masak nasi tetapi tidak tersentuh sedikitpun oleh Salfa.

5 Makanan Mengandung Karbohidrat Pengganti Nasi

Nah, saya kemudian mencari alternatif lain untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Jangan dibilang mudah ya. Karena mencari penggantinya pun saya harus mencobakan beberapa jenis bahan makanan. Dan berikut 5 makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi yang disukai Salfa:

  • Ubi Jalar; bahan makanan satu ini sangat disukai Salfa. Tidak perlu memperkenalkannya dengan waktu lama. Pertama kali memberikan bahan makanan ini dengan olahan yang dikukus, Salfa langsung suka dan biasanya bisa habis 1 samapi 2 potong (ukuran kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa)
  • Roti Tawar; kalau di rumah stok ubi jalar habis, Salfa juga senang makan roti tawar, khususnya yang tanpa kulit dan teksturnya yang 2 kali lebih lembut dari biasanya. Dimakan dengan tambahan apa saja roti tawarnya? Tergantung mood Salfa, biasanya dimakan begitu saja dan kalau sudah habis minta minum susu. Roti tawar juga sepertinya makanan wajib yang harus siap sedia di dalam tas sebagai bekal jika Salfa akan bepergian yang memakan waktu lama di jalan.
  • Kentang; kalau ini saya mungkin mewariskan kepada Salfa untuk suka kentang, karena sejak kecil saya memang suka ngemil Kalau Salfa lebih senang kentang yang digoreng ditambah sedikit garam.
  • Putu; kalau di Jawa, saya lebih sering menemukan kue putu berwarna putih atau hijau (diberi pandan pasta). Nah, makanan ini juga salah satu yang digemari Salfa. Bahan tepungnya yang mengandung karbohidrat membuat saya tidak khawatir.
  • Getuk; kalau ini makanan dari ubi kayu yang diolah sedemikian rupa sehingga menampilkan bentuk yang menarik. Nah, kalau saya membeli getuk untuk menu buka puasa, Salfa akan paling doyan menghabiskan getuknya paling sedikit 2 biji (sebesar kepalan tangan Salfa).

Hmm… sebenarnya masih ada juga yang lain. Tetapi 5 makanan mengandung karbohidrat pengganti nasi di atas adalah yang sering dinikmati Salfa. Entah besok Salfa akan memberikan ide apalagi agar saya tetap bisa menuliskannya di sini.