7 Zat Gizi Penting bagi Ibu Hamil – Memiliki kesempatan untuk hamil adalah anugerah yang luar biasa. Untuk itu, alangkah baiknya jika menjadikan anugerah tersebut dalam wujud menjaga kondisi tubuh dan janin agar tetap sehat sampai kemudian di masa persalinan.

Beragam informasi pun kini sudah dengan mudah diperoleh. Tingga menekan tombol kata kunci, maka dengan lengkap segala macam informasi seputar kehamilan pun terderet dengan rapi. Begitupun juga dengan informasi seputar gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil demi perkembangan janin yang optimal dan tidak bermasalah apapun saat jelang kelahiran.

Nah berikut 7 zat gizi penting bagi ibu hamil yang wajib dikonsumsi, yaitu:

  • Zat Besi; jumlah zat besi yang cukup pada ibu hamil akan mencegah terjadinya Apalagi kandungan zat besi juga sangat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentuk sel darah merah. Maka otomatis janin mengambil zat besi dari darah ibu. Zat besi yang cukup juga bisa mencegah terjadinya bayi lahir premature.
  • Asam Folat; kalua lihat di iklan-iklan susu ibu hamil, maka asam folat adalah salah satu kandungan yang diunggulkan. Ya, memang ibu hamil membutuhkan asam folat ini untuk mencegah terjadinya kelainan pada sistem saraf otak dan sumsum tulang belakang si bayi. Kalau dulu saat hamil, dokter memberikan tambahan suplemen yang mengandung asam folat tinggi agar tidak ada masalah serius pada perkembangan otak bayi.
  • Kalsium; pertumbuhan janin di dalam rahim ibu benar-benar bersumber dari apa yang ibu konsumsi. Saat pembentukan tulang, maka bayi perlu asupan kalsium yang banyak dari ibu. Untuk itu, ibu hamil perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung kalsium yang cukup saat hamil.
  • Vitamin D; tulang dan gigi bayi juga membutuhkan nutrisi dalam pembentukannya. Vitamin D adalah sumber nutrisi penting. Jadi, ibu tidak boleh malas saat mengkonsumsi makanan yang sudah diketahui mengandung banyak vitamin D.
  • Iodium; pernah mendapati anak lahir tetapi sudah mengalami masalah dalam pendengaran atau bahkan mungkin gangguan mental saat dilahirkan? Kebanyakan peristiwa tersebut disebabkan oleh ibu saat mengandung kurang mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung Untuk menekan terjadinya peristiwa seperti itu, maka ibu hamil wajib memperhatikan aspuan iodium dalam menu makanannya setiap hari.
  • Kolin; zat gizi kolin penting untuk mencegah cacat lahir dan masalah pada bagian otak.
  • Vitamin C; kekurangan vitamin C akan sangat terasa sekali efeknya, apalagi untuk bayi yang di dalam kandungan. Kehadiran vitamin C dalam tubuh mampu memberikan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Nah, itu 7 zat gizi penting bagi ibu hamil yang wajib diketahui dan pastinya dikonsumsi. Karena kehamilan adalah momen indah, maka jaga diri dan janin kita sebagai wujud terima kasih kepada sang pemberi. Dan untuk tahu informasi lengkap seputar nutrisi hamil bisa cek juga di blog Mba Mirna Rahardjo. Atau baca tulisan beliau di artikel http://emak2blogger.com/2017/08/29/kebutuhan-nutrisi-ibu-hamil/