Belajar Interaktif bersama Game Petualangan BOCI – Melihat anak saya, Salfa usia menjelang 22 bulan, semakin menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, saya tentunya tidak tinggal diam. Bahkan kondisi anak seperti ini memacu saya untuk terus memikirkan stimulasi yang pas sehingga perkembangannya semakin terarah.

Beruntungnya menjadi full time blogger, saya bisa memaksimalkan gadget yang ada untuk browsing dan mencari tahu stimulasi yang pas untuk anak dengan kemampuan tertentu. Kata mama saya, usia menjelang 22 bulan dan sudah banyak kosakata plus “nggak mau diam” karena mengeksplor apapun yang dilihatnya, adalah salah satu ciri anak yang perkembangannya cepat. Ibunya harus lebih pintar dalam menemaninya bermain dan belajar. Dan saya diberitahukan oleh salah satu teman blogger bahwa ada aplikasi menarik yang bisa saya install untuk dijadikan bahan belajar buat si Kecil. Namanya Petualangan BOCI.

Belajar Interaktif bersama Game Petualangan BOCI

Inilah perkenalan pertama saya dengan Petualangan BOCI. Tadinya saya galau bin bingung, soalnya seri permainan edukasi ini ada banyak rupanya. Kalau mengetik “petualangan boci” di Play Store, maka akan muncul banyak jenis permainan. Beberapa jenis permainan edukasi yang saya maskud itu antara lain:

  • Petualangan Boci 1: Warna
  • Boci Theme Park: Carnival
  • Boci Trace Alphabet
  • Boci Play Hide and Seek
  • Boci Play Connect the Dots
  • Boci Play Guess The Color

Dan tahu sendiri sifat yang selalu penasaran dengan hal-hal baru yang saya miliki pun akhirnya mencoba semua permainan edukasi tersebut (nggak heran kalau Salfa ikut memiliki sifat tersebut, apalagi memang usianya adalah masa-masa ingin tahu segalanya). Yap, selalu seperti itu. Sebelum saya memberikan pada anak, harus lulus uji coba dulu dari saya pribadi, hehe. Maklum, semua ibu pasti ingin hal yang baik untuk anaknya, bukan? Meskipun itu hanya persoalan “mainan”.

Di antara semua seri Petualangan BOCI yang sudah saya install, saya lebih banyak mengajak Salfa untuk bermain Boci Play Guess The Color. Usia anak untuk memainkannya pun antara 1-3 tahun. Cocok untuk usia Salfa tentunya yang baru akan mencapai 2 tahun. Permainan ini memiliki tujuan untuk:

  • Mengenalkan anak pada warna dengan cara mengidentifikasinya
  • Mengajarkan anak tentang jenis-jenis warna
  • Mengenalkan anak berbagai bentuk dan objek benda, khususnya benda-benda yang ada di sekitarnya
  • Meningkatkan kreativitas anak

Musik dan perintah dari operator permainan ini pun menarik sehingga anak tidak bosan. Di samping itu, nama-nama benda yang berwarna juga disebutkan dan gambar yang dibuat pun hampir menyerupai aslinya, meskipun dibuat dalam bentu animasi. Pilihan bahasa juga diberikan, Bahasa dan Engish.  Pujian jika anak benar memasukkan benda sesuai dengan warnanya pun mampu membangkitkan semangat dan rasa percaya diri anak, seperti: “Kamu cerdas!” atau “Yeay, Kamu benar!”.

Hmm… jadi tidak khawatir kehabisan bahan buat mengajarkan anak lebih banyak lagi tentang hal-hal yang memang perlu diketahui sesuai dengan usianya. Kalau ada yang tanya, usia kurang 2 tahun sudah diberikan permainan via gadget? Jawaban saya sederhana, tetap dalam pengawasan saya. Durasi waktu untuk bermain Petualangan Boci pun hanya 1 jam dalam seminggu. Untuk sementara belum saya biarkan setiap hari karena Salfa belum mampu diajak untuk negosiasi. Intinya, saya melihat perkembangan Salfa saja kedepannya seperti apa. Beda anak tentu beda perkembangan. Beda perkembangan tentu beda cara menyikapinya, bukan? Pastinya, petualangan BOCI sudah menjadi salah satu kebahagiaan saya menikmati kemajuan teknologi.

Mau info lebih lengkap lagi, bisa buka website resmi Petualangan BOCI di www.petualanganboci.com dan download aplikasinya di Play Store