Mudik ke rumah nenek di Maros, Sulawesi Selatan membuat Salfa harus banyak beradaptasi. Cuaca yang berbeda jauh dengan Jawa, tepatnya Nganjuk, Jawa Timur sedikit menjadi tantangan bagi saya dan suami. Pasalnya, Salfa sudah sangat terbiasa dengan suasana sejuk sehingga masih sangat sulit untuk terbiasa.

Melihat keadaan Salfa yang tidak tenang bahkan rewel di dalam rumah. Om dan tantenya mengajak Salfa bermain di mall. Ya, mall memang menjadi salah satu alternatif tempat bermain karena di dalam mall sejuk dengan AC yang mumpuni. Apalagi banyak permainan yang bisa dieksplor. Dan ajakan tersebut kami iyakan demi melihat Salfa tenang dan tentunya nyaman.

Ternyata benar. Salfa di dalam mall sangat enjoy. Tawa lepas dan gerakan yang serba bebas membuatnya lupa akan kegerahan dan kesunyian saat berada di rumah neneknya. Di usia yang sudah 12 bulan ini, Salfa memang sudah mulai mengerti hal-hal yang berhubungan dengan permainan. Sebagai contoh adalah permainan mobil-mobilan yang akan bergerak ketika dimasukkan koin. Tanpa banyak kata, gerakannya begitu menggambarkan hatinya yang bahagia. Senang dengan permainan dan “sepertinya” tidak ingin pulang 😀 Maklumlah, namanya juga anak kecil apalagi memang ini pertama kalinya Salfa bermain di mall.

Antusiasnya untuk mencoba semua permainan memang sangat terlihat. Apa saja yang dilihat di hadapannya akan ditunjuk. Itu artinya, Salfa ingin juga memainkan permainan tersebut. Main bola plastik, naik kuda, mobil-mobilan manual dan masih banyak lagi. Saya pun sangat senang melihat Salfa ceria dan seperti tak ada beban.

Oiya, mungkin ada yang bertanya, kenapa harus dibawa ke mall? Jawabannya sangat sederhana, karena di mall suhunya sejuk dan berada di dalam ruangan. Lagipula sudah ditulis si atas kalau saya, suami dan Salfa (baca: kami) diajak oleh saudara, jadi tak mengapalah sekalian refreshing, bukan? Jadi ini semacam tips untuk menyenangkan hati anak juga.

Just info: Cuaca Maros-Makassar saat kami mudik sungguh di luar dugaan kami. Kami saja sebagai orang dewasa “tidak betah” dengan suhu yang seperti itu.

Hmm… Salfa oh Salfa… tahu aja kalau di rumah nenek di Maros itu panas dan membuat siapa saja gerah. Kipas angin pun tak cukup untuk membuat kesejukan yang lama dalam hati dan ragamu. Tahun depan masih pingin mudik ke rumah nenek nggak, Nak? ^_^