[Bunda Belajar Bisnis] Challenge 5: How to Price Your Products? – Setelah melewati tantangan bisnis hingga pekan keempat, kali ini sudah masuk pada minggu kelima. Sedikit lagi menuju puncak. Itupun kalau tidak ada aral melintang. Sebab menjalankan BBB, Bunda Belajar Bisnis ini membutuhkan semangat yang tinggi.

Nah, setelah mengetahui tagline dan USP bisnis kita, maka sekarang adalah tiba masanya menentukan harga. Ya, soalnya ini juga bagian penting dalam melakukan sebuah bisnis. Masa iya jualan tak ada harga, hehe.

Karena diminta fokus pada satu jenis bisnis, maka saya akan memilih Rok Celana Surabaya, sebagaimana yang sudah saya buat tagline dan USP-nya pekan lalu. Dan sepertinya saya mengalami kebingungan dalam menetapkan harga. Sebab yang namanya produk tidak dengan nama brand sendiri, jadilah saya tetap harus mengacu pada harga produsen.

Harga Rok Celana Surabaya

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, bahwa brand yang saya jual masih menumpang nama dari produsen utamanya, maka dalam menentukan harga pun harus mengacu pada HET atau Harga Ecer Tertinggi.

Meskipun banyak pebisnis yang tidak mau mendengar aturan dengan memberikan harga rendah kepada pelanggannya untuk tujuan menggaet pelanggan lebih banyak, bagi saya pribadi tidak akan ikut serta. Sebab, bisnis itu pun harus menjadikan Allah sebagai saksi dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban ketika dalam bisnis kita melakukan kecurangan, meski tidak diketahui oleh produsen utama.

Lalu, Untung Penjualan dengan Harga HET Seperti Apa?

Ada yang pernah bertanya ini kepada saya, namun jawaban saya sederhana. Dari produsen sudah memberikan potongan khusus. Soal besar kecilnya, alhamdulillah saya dan keluarga masih bisa makan, jalan-jalan, membeli keperluan bulanan dan pastinya menyisihkan kepada yang membutuhkan.

Tidak mengapa untung sedikit tetapi berkesinambungan daripada banyak tetapi hanya sekali. Setuju?

Lagian seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel BBB minggu keempat di SINI  bahwa ada USP bisnis Rok Celana Surabaya yang tetap akan memberikan kenyamanan

Apakah Harga Pesaing Sangat Mengganggu?

“Allah mboten sare.” 

Orang Jawa pasti paham kalimat di atas. Memang benar soal rezeki tidak akan pernah tertukar. Allah tidak akan pernah memberikan rezeki A pada si B karena semua sudah berdasarkan yang tertulis di Lauhul Mahfuzh. Begitu juga dengan persaingan harga yang ada di dunia bisnis rok celana.

Rok Celana Surabaya memang boleh dibilang masih berusaha untuk naik setahap demi setahap untuk kesuksesan di Surabaya dan sekitarnya. Pesaing dengan modal besar bisa dengan mudah menyetok rok celana dengan brand sama dan disandingkan dengan brand lain. Namun, saya masih setia dengan satu brand. Sebab, fokus akan memberikan peluang untuk lebih banyak waktu memikirkan bagaimana strategi ke depannya.

Soal harga dari pesaing yang berani memberi lebih banyak potongan, yaa kembali lagi bahwa semua sudah ada yang atur. Bahkan sudah sering ada yang nyasar ke alamat kami karena usaha menaikkan posisinya di mata search engine. Dan lagi-lagi semua berjalan atas izin Allah. Tidak jarang lho ada yang kemudian menghubungi untuk memastikan bahwa kami ada.

Soal Konsumen yang Sensitif dengan Kenaikan Harga

Tidak jauh berbeda dengan pembahasan saya di atas bahwa kenaikan harga jika memang diperlukan, harus bisa disampaikan secara terang-terangan. Namun, mental sebagai pebisnis harus siap dengan komentar yang akan diberikan. Bahkan bisa jadi sudah bertanya panjang ternyata tidak kadi membeli.

Istilahnya CLBK, Chat Lama Beli Kagak. Awal-awal membangun bisnis memang saya sempat down. Tidak jarang menangis ketika ada yang cancel padahal sudah packing. Yaa masih lebih mending daripada sudah siap berangkat ke kurir, orangnya marah-marah karena dianggap ditipu dengan harga. Katanya ada yang lebih murah.

Lho, silakan saja jika memilih di tempat lain, tetapi etika sebagai pembeli juga dijaga.

***

Well… itulah sedikit kisah dalam menentukan harga. Pastinya rok celana Surabaya tetap memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan bahan produk yang bagus. Pun selalu ada subsidi ongkos kirim untuk wilayah Surabaya dan seluruh Indonesia, dimana seluruh ongkos kirim dihitung dari Surabaya.

Selamat berbisnis dengan baik…