[Bunda Belajar Bisnis] Challenge 6: What are Your Products Distribution and Promotion? – Setelah pekan kemarin menentukan harga dari sebuah produk, selanjutnya adalah bagaimana menentukan saluran distribusi dan promosi dari produk yang akan kita jual.

Hmm… karena produk Rok Celana Surabaya masih merupakan produk dari supplier,maka saluran distribusinya pun sampai sejauh ini masih membuka kesempatan bagi reseller kecil dengan nominal pembelian tertentu. Bahkan pernah saya menitipkan kepada saudara di daerah Makassar untuk membantu ketersediaan stok. Soalnya, banyak yang cari juga di wilayah tersebut namun sering kehabisan stok dan konsumen terkadang membutuhkan waktu cepat.

Saluran distribusi lainnya adalah dengan menggunakan ekspedisi ternama dan memang baik dalam hal tracking pengiriman. Sebab, jenis pembeli berbeda. Ada yang tidak peduli dengan resi pengiriman karena sudah percaya dan terbiasa belanja online, ada juga yang harus meminta bahkan dengan paksa karena takut, khawatir dengan online shop bodong. 

Ya, semua kembali dengan kepercayaan…

Bagaimana dengan saluran promosi? Sejauh ini, promosi tetap berlangsung menggunakan optimasi website salah satunya dengan menjalankan SEO On Page. Ditambah dengan saluran promosi di media sosial seperti Instagram Bisnis, Fanspage dan pastinya melalui jejaring pertemanan dalam komunitas tertentu.

Bahkan tidak pelit mengeluarkan budget tertentu untuk memberikan endorsement kepada pihak tertentu agar memberikan kesempatan produk kami tampil dalam feed media sosial mereka. Tujuannya tidak lain untuk benar-benar memberika informasi kepada khalayak ramai di dunia maya bahwa ada produk Rok Celana Surabaya.

Tak jarang saya menggunakan bantuan juga seperti Google Bisnis, Google Trends dan juga Optimasi Instagram Bisnis agar produk saya tetap menjadi pilihan saat orang-orang mencarinya di search engine. Namun, semua ini tetap bisa berfungsi jika kemudian tetap rajin meng-update dan mengoptimalkan dengan baik.

Sekarang ingin maksimalkan pula via youtube karena informasi yang ada bahwa orang kekinian lebih cenderung menyukai visualisasi yang lebih canggih. Tak hanya lewat foto bagus saja. Durasi 2-3 menit yang menyertakan keunggulan dan gambaran produk, terus diminati. Sebab tampilan 4D memang selalu menarik.

***

Bisnis rok celana Surabaya memang bukanlah seperti jual beli bahan makanan pokok, dimana setiap hari bisa menghasilkan omset yang sama besarnya. Hanya saja bergantung pada setiap rezeki manusia di muka bumi pasti sudah terjamin.

Saluran distribusi dan promosi yang saya jalankan saat ini terbilang sudah maksimal, namun bukan berarti bahwa tidak perlu melakukan upgrade, khususnya tools bisnis. Karena sesuatu yang berlangsung di dunia maya memiliki algoritma yang berubah-ubah. Tidak bisa pasti untuk selamanya. Semua punya masa.