Cara Cegah Ruam Setelah Berenang Saat Liburan – Memutuskan untuk berenang di hari libur, baik di laut maupun di kolam renang akan menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Ditambah lagi yang memang hobi berenang. Namun, setelah melakukan aktivitas renang tersebut, beberapa hal akan terjadi, misal kulit menjadi gatal dan timbul ruam.

Ada beberapa penyebab munculnya ruam tersebut, di mana juga ada beberapa solusi atau cara untuk mengatasi gatal dan ruam tersebut. Gigitan serangga, gatal-gatal karena dingin, organisme mikroskopis, dan paparan sinar matahari menjadi penyebab munculnya gatal dan ruam pada kulit selepas berenang. Disamping itu, alergi klorin juga menyebabkan munculnya ruam, selain membuat kulit menjadi kering.

Cara Cegah Ruam Setelah Berenang Saat Liburan

Yang umum terjadi adalah kulit yang gatal dan muncul ruam setelah satu jam berenang di air kolam yang mengandung klorin. Biasanya, ruam akan hilang dalam beberapa jam, namun bisa jadi hilang setelah berhari-hari. Kapanpun hilangnya, ruam akan sangat mengganggu. Maka, agar berenang yang seharusnya merupakan aktivitas olahraga yang menyenangkan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ruam, kulit kering, kusam, terbakar, gatal-gatal, dan lain sebagainya, maka kamu perlu menerapkan cara-cara di bawah ini untuk mencegah ruam dan permasalahan kulit lainnya setelah berenang, di antaranya:

Mandi

Baik sebelum atau sesudah berenang di kolam renang, mandi akan membantu mengurangi kemungkinan munculnya ruam akibat alergi klorin dan penyebab ruam lainnya. Gunakan sabun antiseptik dan air hangat yang bersih untuk mencegah ruam terjadi.

Oleskan Pisang

Pisang bisa dioleskan untuk menghilangkan ruam selepas berenang, lho. Karena pisang dipercaya dapat menjadi pembersih yang baik untuk tubuh. Pisang yang digunakan ini bisa untuk mengurangi flek hitam dan ruam pada kulit. Pisang juga dikenal sebagai pembersih yang baik. Setelah mengoleskan daging buah pisang pada kulit yang muncul ruam, diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih.

Minum Banyak Air

Minum banyak Air meruapakan hal yang penting saat berenang. Ketika berolahraga, menjaga tubuh dengan minum air agar tidak mengalami dehidrasi adalah perlu diperhatikan. Selain itu, asupan rutin dari buah-buahan segar dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan A akan membuat kulit tetap sehat dan bercahaya.

Gunakan Pelembab

Sebelum berenang, untuk mencegah kulit yang mengalami kekeringan serta munculnya ruam, oleskan pelembab untuk kulit setelah mandi. Tunggu beberapa saat sebelum turun ke kolam renang agar pelembab kulit menyerap terlebih dahulu ke dalam kulit hingga terjaga kelembabannya. Bisa juga memakai krim tabir surya yang tahan air. Tabir surya akan mencegah kulit mengalami kekeringan dan terbakar akibat paparan sinar matahari.

Jadi, setelah mengetahui cara mencegah munculnya ruam pada kulit, tidak ada lagi pemicu kulit ruam, bukan?