[Day 04] Games Bunda Sayang Melatih Kemandirian Anak: Makan Sendiri – Hari keempat adalah hari dimana saya harus mengubah jenis skill yang akan dilatihkan ke si kecil Salfa. Selama 3 (tiga) hari kemarin fokus dengan membereskan mainan, maka kali ini adalah melatihnya untuk makan sendiri. Sebenarnya ada tingkat kebosanan yang ada dalam diri saya yang sepertinya tertular ke diri si kecil. Dan daripada proses pelatihan kemandirian ini tidak berjalan, maka saya memilih untuk mengubah skill untuk hari ini.

Ternyata makan sendiri adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh si kecil di usia tepat 3 tahun ini. Awalnya sih saya pikir tidak akan ada drama. Tetapi pada praktek langsungnya, si kecil tidak sepenuhnya ingin makan sendiri sampai habis. Padahal sebelum games Bunda Sayang ini ada, si kecil selalu memaksa untuk makan sendiri. Kadang saya berikan kebebasan, terkadang juga tidak. Melihat jenis makanannya juga.

Well… hari ini makan sendiri boleh dibilang sukses 75% karena makanan tidak full habis dan lagi-lagi saya selaku Bunda-nya ada pada bagian “penghabisa plus pembersihan”.