[Day 08] Games Bunda Sayang Melatih Kemandirian Anak: Makan Sendiri (2) – Banyak sekali teori berseliweran bagaimana agar anak bisa makan sendiri. Namun, pada kenyataannya, praktek tidak pernah lebih mudah dibandingkan dengan teori. Jika pun ada yang berhasil tanpa harus melewati masa tegang, maka saya acungkan jempol.

Melatih kemandirian anak untuk makan sendiri selama tantangan ini berlangsung adalah kali kedua. Hasilnya bagaimana? Sejauh ini hanya berhasil ketika di siang hari. Saat makan malam, si kecil harus bermanja dan mengatakan: “Bunda, Fafa mau disendokin ya.” Mendengar kalimat seperti yang terlontar di bibir mungil si kecil, selalu saja terenyuh dan kemudian mengalah. Daripada si kecil tidak makan, pilihan ini akhirnya dijalani. 

Senangnya juga karena ketika siang hari si kecil makan sendiri, lumayan banyak yang masuk dan tidak perlu menunggu waktu lama. Boleh jadi juga karena menu makanannya sesuai dengan selera si kecil. Hmm… bagaimana dengan besok? Apakah akan selancar ini? Let we see…