Usia kandungan saat ini sudah 8 bulan 6 hari. Artinya, tinggal beberapa minggu lagi saya akan benar-benar menjadi seorang Ibu. Deg-degan? Sangat. Khawatir? Iya. Segala rasa bercampur aduk. Apalagi saya berjuang untuk melahirkan normal dan selalu memohon agar diberikan kemudahan oleh Allah untuk mewujudkan persalinan normal tersebut.

Doa atau Bacaan Khusus Menghadapi Hamil Trimester III AkhirSebagai ummat Islam, saya meyakini bahwa ayat-ayat suci al Qur’an paling ampuh untuk membantu saya nantinya. Oleh karena itu, beberapa doa atau bacaan khusus menghadapi hamil trimester III akhir ini saya lantunkan setiap saat dengan mengajak dedek bayi dalam perut untuk ikut mendengarnya. Memang sejak memasuki usia kehamilan 3 bulan, saya sudah membiasakan dedek bayi mendengar murottal.

Adapun doa atau bacaan khusus menghadapi hamil trimester III akhir tersebut adalah:

  • Ayat Kursi
  • QS. Al A’raf ayat 54
  • QS. Surat Yunus ayat 3
  • QS. Al Falaq
  • QS An Naas

Sebenarnya semua ayat-ayat suci al Qur’an sangat baik untuk dibacakan dengan mengaji setiap hari, tetapi ayat-ayat di atas pernah dilakukan oleh Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsy atas perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pada saat Fathimah Az Zahra sedang hamil tua.

Berharap doa atau bacaan khusus menghadapi hamil trimester III akhir bisa membantu dalam proses persalinan dan dedek bayi semakin dekat dengan Allah. Bukankah memiliki anak sholeh/sholehah adalah impian semua ibu muslimah? 😀

Namun, adapun doa atau bacaan lainnya tetap dipanjatkan. Sebab semakin banyak doa maka kekuatan pun akan terhimpun. Dan semoga saya dan dedek bayi selamat sampai waktunya tiba, aaamiiiinnn…