Edukasi Fitrah Seksualitas Day 12: Tazkiyatun Nafs untuk Ibu Sebelum Mendidik Anak – Hari ini ada kelompok yang memberikan masukan mengenai bagaimana seorang ibu untuk kembali introspeksi diri mengenai keberadaannya di tengah keluarganya saat ini. Ya, selama sepekan lebih ini kita fokus bagaimana anak memahami fitrah seksualitasnya. Padahal ada hal yang lebih besar daripada itu semua, kondisi ibu yang benar-benar “optimal dan prima” untuk melakukan semuanya bersama anak.

Ibu harus senantiasa berada dalam koridor sebagaimana yang seharusnya. Karena ketika ada sedikit saja hal yang melenceng, maka sistem pendidikan dalam rumah pun akan mengalami guncangan. Ibu harus kembali paham bagaimana posisinya sebagai:

  • Pengasih
  • Pengasuh
  • Pengasah

Ketiga ini harus benar saling terkoneksi dengan baik agar tidak ada yang tumpang tindih karena semuanya saling berkaitan dalam hal mendidik anak.

Kalau dengar istilah tazkiyatun nufs, maka ini sangat penting untuk seorang perempuan yang kini sudah menjadi ibu. Harus lebih memperdalam lagi keyakinan akan hati dan membersihkannya dari segala hal yang mengganggu proses edukasi ke anak.