Edukasi Fitrah Seksualitas Day 9: Apakah Gadget Benar Jadi Kendala? – Materi yang diangkat oleh kelompok 8 hari ini menurut saya out of the box. Mengapa? Karena kelompok 1 hingga 7 semua fokus pada bagaimana kemudian mengoptimalkan fitrah sesksualitas hanya dari segi kedekatan anak dengan orang tua secara langsung.

Ternyata ada hal yang senantiasa berada di dekat kita tetapi kita sendiri kemudian lalai dan otomatis pendidikan fitrah sesksualitas menjadi terhalang. Dan kelompok 8 mengatakan “gadget” lah hal tersebut.

Tanpa kita sadari, kita lebih sering memegang gadget dibanding suami/istri dan anak kita. Di kantor sudah berjibaku dengan pekerjaan, sampai di rumah masih scrolling media sosial sehingga waktu bersama anak seolah “ada dan tiada”. Kita tidak pernah benar-benar menempatkan hati kita saat bersama anak. Raga sih iya karena kasat mata kita duduk bersama anak dan istri/suami. Tetapi pikiran dan hati tak sepenuhnya berada di situ, bersama anak.

Menentukan Kegiatan Utama di Rumah Setiap Hari 

Untuk meminimalisir penggunaan gadget, orang tua, kita, saya harus memberikan kandang waktu dengan kegiatan utama yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Waktu khusus untuk peningkatan kualitas diri
  • Waktu khusus untuk peningkatan kualitas pendidikan anak dan keluarga
  • Waktu khusus untuk aktivitas sosial masyarakat

Jika waktu di atas dibagi sesuai prosinya setiap hari, maka management gadget bisa dilaksanakan dengan baik. Dengan demikian, ada waktu yang benar-benar bisa ditelusuri sejauh mana kita sudah menerapkan edukasi fitrah sesksualitas.

Hmm.. sulit? Cancel cancel go away…