Edukasi Fitrah Sesksualitas Day 3: Pentingnya Anak Mempelajari Psikosesksual Usia Dini – Kalau kemarin fokus permasalahan seputar fitrah sesksualitas ada pada perbedaan jenis kelamin, dimana kami kelompok 2 hadir untuk menekan pengetahuan orang tua yang selalu menganggap anak laki-laki istimewa dibanding perempuan. Maka kelompok 3 hari ini fokus pada Psikoseksual Usia Dini.

Baca kata psikoseksual membuat saya bingung awalnya. Karena baru pertama kali mendengar kata ini (duh gue kemana aje). Ternyata ilmu ini juga penting diketahui oleh orang tua. Apa itu psikoseksual?

Psikoseksual adalah tahapan seksual seseorang dari bayi hingga dewasa yang dikemukakan oleh Sigmun Freud. Pandangan Freud mengatakan bahwa kurang terpenuhinya kebutuhan untuk memperoleh kepuasaan, maka seseorang akan mengalami fiksasi atau terkunci di dalam tahap perkembangan tersebut.

Adapun tahapnya sebagai berikut:

  • Tahap Oral
  • Tahap Anal
  • Tahap Falik
  • Tahap Laten

Nah, ketika sudah mengetahui bahwa psikoseksual itu penting agar tidak terjadi “kepuasan yang membludak di masa yang terlambat”, maka sudah siapkah kita untuk melaksanakan setiap langkahnya?