Family Project Day 8: Rutin Al Kahfi – Hari ini adalah hari Kamis. Itu berarti adalah Malam Jum’at. Sebagai pemeluk agama Islam, banyak ritual baik yang bisa dilakukan sepanjang malam dan juga keesokan harinya (Hari Jumat). Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sayang untuk dilewatkan karena tidak ada yang yakin bahwa waktu hidup masih panjang.

Begitu pula dengan saya setahun terakhir ini selalu mengingat kematian. Entah apa maksudnya di pikiran saya, kematian menjadi sesuatu yang memaksa saya untuk merenung. Kadang lama bahkan meneteskan air mata. Untuk itu, saya menjadi berusaha memanfaatkan waktu yang tersisa.

Salah satunya adalah menghidupkan malam jumat dengan Al Kahfi. Ya, saya dan suami berusaha setiap malam jumat membaca Surat Al Kahfi. Apakah ini bisa dikatakan sebagai family project? Tentu saja bisa banget. Karena kami berharap Salfa pun kelak akan melakukan rutinitas seperti ini hingga dewasa.

Memang sih sekarang Salfa masih sebatas mendengarkan bahkan sesekali bertanya: Bunda ngaji apa? Ayah juga ngaji? Salfa juga mau ngaji, Nda. Dan celotehan lainnya yang muncul ketika menjelang 10 menit pertama. Ya, maklum anak saya satu ini memang nggak bisa diam dan bosenan. 

Ya, semoga saja kami tetap istiqomah dan tidak berhenti karena moody.