Family Project Day 9: Potong Kuku Bersama – Salah satu kebanggan menjadi pemeluk agama Islam adalah diaturnya hidup bersih. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Islam tidak pernah memberatkan pemeluknya karena memang semua aturan yang ada mampu dijalankan, setidaknya bagi yang imannya memang benar-benar sudah mantap tingkatannya.

Anjuran menjaga kebersihan ditekankan sebagai bentuk keyakinan kita akan Tuhan. Bahkan hal-hal sekecil apapun sudah dituliskan di dalam al Qur’an ataupun As Sunnah. Hanya saja terkadang manusia lupa atau mungkin tidak tahu karena malas belajar. Dan salah satu anjuran menjaga kebersihan adalah memotong kuku. 

Ya, sangat tepat sekali hari ini adalah hari Jumat. Hari dimana ummat Islam disunnahkan untuk memotong kuku, apalagi bagi laki-laki yang akan sholat di masjid. Hal sepele namun sangat diperhatikan. Karena menurut ilmu kesehatan pun, ciri kesehatan seseorang dilihat dari bentuk dan kebersihan kukunya.

Alhamdulillah kali ini ingin kami jadikan sebagai family project. Alasannay adalah karena kebiasaan baik (seperti menjaga kebersihan) jika ditularkan ke anak sejak dini, maka ke depannya tidak akan kesulitan. Meskipun tahu sendiri jika mengajak balita untuk melakukan ini, pasti ada saja tingkah dan celoteh yang terlontar. Salfa pun demikian.

Saat kuku dipotong, Salfa berkomentar layaknya orang dewasa: “Nda, potongnya pelan-pelan ya. Nanti tangan Salfa luka lho.”