Festival Ngidam, Bentuk Kepedulian SGM Bunda – Anugerah tak ternilai dari Tuhan yang Maha Kuasa adalah dibuatnya uterus dalam tubuh seorang perempuan. Fungsi organ vital satu ini tidak lain adalah sebagai jalan untuk melahirkan generasi penerus di masa mendatang. Namun, menjalani proses tersebut (red: hamil), ternyata tidaklah mudah, meskipun ada saja sebagian yang justru menjalani hari-hari sebagai ibu hamil adalah masa yang biasa-biasa saja.

Bicara kehamilan, apalagi memasuki Trimester Pertama, tentu ada saja kisah unik yang terjadi. Sebut saja saya pribadi. Hamil dan berada jauh dari kampung halaman itu benar-benar luar biasa. Waktu itu saya ingin sekali makan Coto Makassar, Jagung Rebus (jagung putih-ketan), Es Pisang Ijo, dan masih banyak lagi yang lain. Semuanya adalah makanan khas kampung halaman. Bagaimana nggak pusing coba?! Belum lagi saya juga sempat ngidam bertemu dengan Bu Risma. Bayangkan betapa pusingnya suami saya waktu itu.

Ya, ngidam saat hamil memang sesuatu yang membuat pasangan (red: suami) menjadi serba salah dan kebingungan. Dituruti, menyita waktu, tenaga dan uang. Tidak dituruti, kasihan dengan ibu hamil yang dikhawatirkan akan kepikiran dan berpengaruh ke janin. Dan saya merasa bersyukur karena hampir semua yang saya inginkan saat ngidam, bisa dipenuhi oleh suami. Bahkan yang paling heboh, bisa bertemu beneran dengan Bu Risma (kisahnya bisa baca di Ngidam Bertemu Bu Risma, Terwujud).

Nah, melihat fenomena ngidam ini, SGM Bunda hadir untuk menjawab sekaligus “memanjakan” ibu hamil. Lewat Festival Ngidam, SGM Bunda Ajak Bunda Rayakan Serunya Ngidam. Kebetulan untuk festival ini dilaksanakan pertama kali dan kota Surabaya adalah kota pertama. Berlokasi di Royal Plaza Surabaya, tanggal 5 Agustus 2017 lalu, para Bunda yang sedang hamil, program hamil dan menyusui, ramai-ramai mendatangi area Festival Ngidam ini.

Ngidam itu Wajar Nggak, Dok?

Seorang ibu pun kemudian bertanya tentang ngidam. Bapak dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG, M.Kes. mengatakan bahwa Bunda yang mengalami ngidam adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormone di masa kehamilan. Sensitivitas Bunda yang hamil akan mengalami peningkatan, baik itu rasa dan penciuman sehingga hal tersebut mampu mengubah pola makan akan jenis makanan tertentu. Perubahan hormonal ini mengakibatkan Bunda harus meningkatkan pula kewaspadaan terhadap asupan makanan.

Bunda yang hamil harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, baik untuk diri Bunda sendiri dan tentunya untuk si janin yang ada di dalam perut. Kekurangan nutrisi akan mengakibatkan timbulnya masalah-masalah pada pertumbuhan si jani kelak setelah lahir.

Ardian (begitu sapaan akrab beliau) juga mengatakan bahwa Bunda yang sedang hamil secara otomatis harus makan melebihi porsi saat tidak hamil, minimal 5 piring sehari. Namun, jumlah tersebut harus dipastikan sudah memenuhi kecukupan nutrisi dan gizi seimbang. Tidak hanya zat makro nutrient (karbohidrat, protein, lemak) tetapi juga zat mikro nutrient seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D.

Mendengar penjelasan tersebut, saya jadi semakin semangat untuk hamil lagi. Apalagi anak saya sekarang sudah berusia 3 tahun. Menurut saya sudah cukup besar untuk kemudian memiliki adik.

Apakah Bunda yang Hamil Harus Mengalami Ngidam?

Mendengar pertanyaan ini, dr. Ardian pun menjawab dengan spontan, Tidak Harus. Karena kondisi ngidam bergantung pada hormonal seorang Bunda yang hamil. Di samping itu pula faktor-faktor eksternal lainnya yang mengakibatkan kehamilan tidak menjumpai masa kehamilan.

Festival Ngidam Pertama di Surabaya

Sejalan dengan kondisi Bunda hamil yang mengalami masa ngidam, SGM Bunda menghadirkan Festival Ngidam dengan tujuan khusus, yaitu memberikan edukasi nutrisi lengkap dan menyenangkan para Bunda yang hamil. Sebagaimana yang dikatakan oleh ibu Christina Natalia, selaku Marketing Manager SGM Bunda, bahwa Festival Ngidam ini diharapkan para Bunda dapat memanjakan diri dengan serangkaian aktivitas, menikmati makanan favorit dan pastinya teredukasi akan kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan, termasuk susu hamil. Dan SGM Bunda siap menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh Bunda.

Ayah Siaga, Partner Bunda Hamil

Menjalani kehamilan tentu harus didukung penuh dengan orang-orang sekitar, utamanya adalah suami. Nah, di Festival Ngidam SGM Bunda ini juga hadir Dude Herlino, aktor sekaligus suami dari Alyssa Soebandono, untuk memberikan semangat kepada Bunda hamil untuk tetap berbahagia dan menjalani kehamilan dengan keikhlasan dan tentunya rileks.

“Icha itu saat hamil pertama sama sekali tidak mengalami ngidam. Namun, di kehamilan kedua, mual-muntah sangat mengganggu khususnya pada pola makan Icha. Sempat khawatir akan mengganggu janin dalam kandungan. Tetapi, SGM Bunda hadir memberikan bantuan asupan nutrisi saat Icha hamil.” cerita Dude mengenang kehamilan kedua istrinya.   

Ragam Ngidam dalam Festival Ngidam SGM Bunda

Masuk ke area Festival Ngidam, maka terlihat banyaknya area yang sengaja diperuntukkan oleh Bunda Hamil, yaitu:

Ngidam Jajan

Ada beberapa booth yang menyediakan makanan favorit saat ngidam. Menurut informasi, makanan-makanan yang dihadirkan dalam festival ini adalah makanan yang paling sering dicari. Hmm… kalau yang asli Jawa pasti saat ngidam mencari makanan seperti Rujak Manis, Tahu Tek, Siomay, Es Potong, Batagor dan jenis makanan lainnya.

Ngidam Dimanja

Area satu ini sengaja dibuat sebagai bentuk memanjakan Bunda hamil, seperti merawat kecantikan, terapi musik untuk kehamilan dan juga relaksasi (red: pijat).

Ngidam Eksis

Bunda yang hamil pun bisa berpose dengan cantik sebagai kenang-kenangan kehamilan, dimana ada photo booth yang sengaja disediakan oleh panitia Festival Ngidam SGM Bunda.

Ngidam Ketemu Artis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa ada Ayah Siaga, Dude Herlino yang didatangkan untuk memenuhi ngidam Bunda yang ingin ketemu artis. Selain Dude, ada juga Yovie and The Nuno. Biasanya Bunda yang ngidam ketemu artis punya doa dan harapan tersendiri, seperti anaknya kelak bisa ganteng seperti Dude atau cantik mirip Alyssa dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Konsultasi Gratis

Memahami kebutuhan Bunda, SGM Bunda pun menghadirkan tenaga medis untuk menjawab pertanyaan seputar kehamilan Bunda dengan konsultasi gratis.

Well… Festival Ngidam SGM Bunda ini memang dibutuhkan dan Bunda yang ada di Surabaya sangat antusias mengikuti serangkaian acara. Dan setelah kota Surabaya, Festival Ngidam SGM Bunda juga akan diselenggarakan di Summarecon Mall Bekasi, tanggal 2-3 September 2017 mendatang.

Hmm… sudah saatnya saya hamil lagi sepertinya. Apalagi saat ini sudah banyak informasi seputar kehamilan dan ngidam yang bisa diperoleh salah satunya dengan memanfaatkan Festival Ngidam SGM Bunda ini.