Gaya Belajar Anak Day 01: Hafal Lagu Kebangsaan – Bunda, punya anak yang nggak bisa diam? Toss, kita sama, Bunda. Melihat fenomena itu, maka sebagai Bunda butuh sesuatu yang harus dilakukan agar “tidak bisa diam” itu justru menjadi medianya untuk belajar. Memang sih tidak akan mudah karena pasti kita sebagau Bunda harus memiliki energi yang dua kali lebih besar dari energi si kecil, bukan? Mengimbanginya sangat butuh asupan, setidaknya adalah semangat untuk sabar.

Nah, kebetulan sekali saya pribadi ada proyek dengan salah satu klien dimana saya harus menghadirkan vidio anak bernyanyi lagu kebangsaan. Tadinya saya ragu karena keaktivan si kecil Salfa yang khawatirnya justru tidak bisa diatur apalagi menghafalkan lirik lagu. Tetapi, ketika semua belum dicoba, maka tidak ada kata tidak mungkin, ya nggak Bunda?! Hehe…

Di tantangan hari pertama Game Level 4 di perkuliahan Bunda Sayang IIP ini, saya ditantang untuk melihat gaya belajar anak, pastinya si Salfa, untuk mencari tahu apakah kinestetik, visual atau auditori. Maka saya mengambil kesempatan untuk melihat bagaimana Salfa belajar menghafalkan lagu kebangsaan.

Alhamdulillah, dalam waktu hanya 3 hari mendengar saya dan ayahnya bernyanyi lagu “Hari Merdeka” plus dengan gerakan semangat, Salfa bisa hafal juga lagunya, meski sesekali di bantu di bagian akhir lagu. Ya, hanya mendengarkan berulang-ulang. Akhirnya bisa merekam Salfa bernyanyi. Bagaimana hasilnya? Tunggu tanggal mainnya di postingan berbeda khusus proyek saya ya, hehe.