Gaya Belajar Anak Day 06: Rapikan Tempat Tidur – Kebiasaan yang dilakukan oleh kita sebagai orang tua, pastinya akan menjadi kebiasaan juga untuk anak-anak. Oleh karenanya, sangat tidak pantas bagi seorang Bunda melakukan kebiasaan buruk karena pasti si kecil sangat mudah meng-copy.

Seperti hari ini juga terjadi pada diri saya. Salfa yang masih berusia 3 tahun dengan mudahnya mengatakan sesuatu pada saya di pagi hari tadi:

“Bunda, bangun yuk. Salfa mau angkat bantal dan lipat kasurnya.”

Seketika saya pun bergerak berdiri. Hmm… hari ini memang saya sedang tidak enak badan. Sejak shubuh, perut saya mules entah karena apa. Otomatis saya lebih banyak rebahan dan urusan rumah tangga juga nggak ada yang urgent untuk dikerjakan karena sudah selesai pada malam hari.

Pagi ini saya hanya terpaku dalam posisi berbaring, melihat anak saya merapikan kasur, merapikan posisi bantal sambil sesekali tangannya mengibas poni rambutnya yang sudah panjang. Saya bilang ke Salfa seperti ini:

“Maaasya Allah, anaknya Bunda pinter sekali hari ini bantu rapikan tempat tidur.”

Dan spontan Salfa menjawab:

“Sudah selesai. Horeee…”

Ya, hari ini Salfa menunjukkan bahwa selama ini dia belajar dengan gaya visual (melihat cara saya merapikan tempat tidur) dan kinestetik (tahu dimana harus menempatkan semua perlengkapan tidur tersebut dengan gayanya yang sama sekali banyak gerak). Hmm… angkat bantal ke tempatnya tetapi sambil putar-putar dulu, haha.

Besok belajar apa lagi ya?!