Gaya Belajar Anak Day 07: Mengenal Waktu – Bermain di taman adalah hal yang paling disenangi Salfa. Anak perempuan aktif yang benar-benar sulit untuk diam. Tiap jenis permainan yang ada di taman, membuat Salfa seperti terserang rasa penasaran tinggi untuk mencoba. Meskipun didahului dengan kalimat: “Salfa boleh main itu, Nda?” 

Nah, kebetulan sekali hari ini ada proyek untuk membuat video dan taman menjadi tempat yang pas untuk itu. Soalnya kalau di rumah, ngga ada spot yang eye catching. Semua penuh dengan barang percetakan plus mainan Salfa yang nggak beraturan saking banyaknya. Berangkat sore setelah shalat Ashar bisa sedikit memuaskan Salfa berlarian kesana-kemari. Dan saya pun memanfaatkan sinar matahari yang tidak memerlukan waktu lama untuk terbenam untuk video.

Setelah selesai sekaligus mengambil foto Salfa, langit mulai gelap. Saya masih menunggu sesuatu dari Salfa. Di ponsel sudah menunjukkan pukul 5 lebih 10 menit. Dan akhirnya yang saya nantikan pun datang.

Salfa: “Bunda, udah mulai malem. Kita pulang yuk!”

Saya: “Ouh iya kah? Kok tahu sudah malam?”

Salfa: “Ini sudah gelap.”

Saya: “Oke. Artinya mainnya udahan ya, Fa. Bunda pesan grab dulu.”

Salfa: “Okey. Ayo kita tunggu grab di sana.” sambil menunjuk arah pintu masuk taman.

Saya: “Iya. Kita tunggu grab di situ.”

***

Ya, inilah saya tunggu. Salfa sudah tahu soal waktu, sehingga sekalipun masih ada keinginan main tetapi melihat suasana sudah menjadi gelap, dia paham bahwa sudah tidak tepat untuk bermain di taman di malam hari. Meskipun bagi sebagian besar orang dewasa malah memilih malam hari untuk datang ke taman.

Salfa bisa seperti mengenal waktu karena selama ini dia melihat bagaimana saya dan suami ketika jalan ke taman tetapi harus meninggalkan taman sebelum Maghrib menjelang. Dan Salfa pun pasti mendengar percakapan kami bahwa main di taman di malam hari untuk anak kecil bisa menimbulkan bahaya, seperti terjatuh dan sebagainya karena mata sudah tidak awas melihat sekitar. Berbeda ketika di siang atau sore hari.

Ya, visual dan auditori membuat Salfa bisa mengenal waktu. Ke depannya akan distimulasi lagi dengan bagaimana mengenal waktu yang tepat untuk jalan-jalan ke taman dan destinasi lainnya yang tidak lain untuk dianya belajar.

Well… besok Salfa belajar apa lagi ya?!