Identifikasi dan Stimulasi Kecerdasan Anak dengan Morinaga MI PlayPlan – Sebagaimana yang sebelumnya sudah dituliskan mengenai Media Kit Morinaga MI PlayPlan, kali ini akan lebih menceritakan bagaimana pengalaman saya mengakses Morinaga MI PlayPlan di http://www.morinagamiplayplan.com sebagai aktivitas positif dalam melihat proses terbentuknya kecerdasan anak.

Identifikasi dan Stimulasi Kecerdasan Anak dengan MI PlayPlan

Ya, di era serba digital saat ini mendorong Kalbe Nutritionals, khususnya Morinaga membuat situs layanan untuk membantu setiap bunda dalam memberikan stimulasi demi terbentuknya Generasi Platinum, saya salah satunya. Inilah pengalaman saya menggunakan Morinaga MI PlayPlan.

Membuka situs http://www.morinagamiplayplan.com, saya disuguhkan 4 (empat) menu utama, yaitu:

Menu MI PlayPlan

Alat Identifikasi MI (MI Identification Tool)

Saya mencoba menjawab 64 pertanyaan seputar aktivitas Salfa setiap hari. Hasilnya, MI PlayPlan menyimpulkan bahwa urutan 8 (delapan) kecerdasan majemuk, Salfa sangat menonjol pada Kecerdasan Interpersonal.

Urutan Kecerdasan Majemuk Salfa

Kecerdasan interpersonal didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka.

Ciri-Ciri Anak dengan Kecerdasan Interpersonal menurut Morinaga MI PlayPlan

  • Memiliki banyak teman, supel dalam bergaul
  • Dapat mengerti perasaan orang lain dan sering menawarkan bantuan apabila melihat orang lain dalam kesulitan
  • Mampu menarik perhatian dan menikmati keberadaan orang lain di sekelilingnya
  • Senang bermain berkelompok
  • Bisa membuat orang lain percaya pada kata-kata dan pemikirannya

Cara Menstimulasi Anak dengan Kecerdasan Interpersonal menurut Morinaga MI PlayPlan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal Si Kecil yaitu dengan cara:

  • Mengajak Si Kecil untuk berjumpa dengan orang-orang baru dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang disekelilingnya
  • Mengajarkan Si Kecil cara memulai interaksi
  • Mengikutsertakan Si Kecil dalam klub/ kelompok hobi tertentu yang disukainya
  • Mengajarkan Si Kecil untuk menolong sesama lewat aktivitas-aktivitas bakti sosial atau aktivitas-aktivitas sederhana
  • Mengajarkan Si Kecil berbagi saat main bersama
  • Mengajak Si Kecil untuk menghadiri acara keluarga dan arisan

Apa yang harus saya lakukan kemudian dengan 7 (tujuh) kecerdasan lainnya? Tentu saja saya tetap akan memberikan stimulasi yang sesuai. Apalagi pada kecerdasan yang berada di urutan akhir. Saya jadi ingat bagaimana mendiang Ayah saya dulu mencoba memberikan stimulasi saat saya tidak mahir bermain badminton hingga akhirnya saya bisa meski hanya bisa menang melawan adik atau paman saya. Mengingat hal tersebut, saya juga ingin mencoba memberikan stimulasi dengan intensitas tertentu pada jenis Kecerdasan Logical Matematik. Karena jenis kecerdasan tersebut menjadi urutan paling akhir pada kecerdasan majemuk Salfa.

Menurut informasi pada situs Morinaga MI PlayPlan tersebut, maka saya harus menstimulasi Salfa dengan cara:

  • Memperkenalkan konsep bentuk, ukuran dan membilang angka kepada Si Kecil sejak usia dini
  • Merangsang rasa ingin tahu Si Kecil dengan buku dan film mengenai ilmu pengetahuan.
  • Memberikan kesempatan bagi Si Kecil untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal yang ingin diketahuinya
  • Melakukan permainan-permainan yang membutuhkan strategi
  • Menyusun berbagai hal dengan mengikuti kategori tertentu
  • Mengajak Si Kecil untuk melakukan suatu percobaan sederhana, seperti membuat es dari air dan sebagainya.

Rencana Bermain MI (MI PlayPlan)

Setelah mengetahui urutan kecerdasan Salfa pada menu MI Identification Tool, saya kemudian mencoba membuat planning dalam memberikan stimulasi atau rangsangan khusus untuk Salfa.

Jadwal MI PlayPlan Salfa

Beruntungnya, Morinaga membuatkan semacam time schedule yang bisa diatur sesuai kebutuhan dan keinginan. Tinggal melihat saja bagaimana mood Salfa, lalu kemudian saya menyuguhkan materi MI PlayPlan dan menikmati prosesnya bersama.

Ide Bermain MI (MI Play Ideas)

Nah, untuk menu satu ini pun lagi-lagi memanjakan saya untuk terus memperbanyak wawasan. Saya harus memahami tujuan, alat-bahan dan juga cara mempraktekkannya di depan Salfa. Saya pun sedikit membutuhkan ekstra sabar karena usia Salfa yang masih 18 bulan dan super aktif, masih belum bisa mengikuti setiap instruksi yang saya berikan dengan sempurna.

Play Ideas Umur

Pilih Sesuai Usia Anak

Play Ideas Kategori Kecerdasan

Pilih Jenis Kecerdasan yang Ingin Dilatih

Play Ideas Pasir Garam Berwarna

Contohnya: Pasir Garam Berwarna

Saat mencoba bermain Pasir Garam Berwarna ini, Salfa sempat mencicipi garam yang akan digunakan. Saya hanya bisa tertawa karena melihat ekspresi wajahnya yang keasinan. Belum lagi saat mencampurkan pewarna pada garam, Salfa tidak diam mengamati, tetapi ingin mencobanya sendiri tanpa bantuan. Well, so amazing moment I think.

Salfa Bermain Pasir Warna

Bagaimana saat garam sudah berwarna? Aksi selanjutnya adalah mencetak. Yap, lagi-lagi karena selalu penasaran dengan hasil cetakan pasir yang sudah berhasil dibuat, maka bentukannya pun tidak akan berlangsung lama. Jadi, setelah selesai cetak, dengan sigap saya mengambil kamera dan segera mengabadikan sebelum dihancurkan lagi oleh Salfa. Hmm… rasanya gimana geto deh, hehe. Terpenting adalah Salfa mau belajar hal-hal baru dan memberikan respon yang baik.

Area Cetak MI (MI Printables)

Printables Home

Memasuki menu keempat di situs Morinaga MI PlayPlan ini, saya semakin nyaman dan menemukan bahan ajar yang luar biasa. Saya bisa mengambil atau mengunduh bahan ajar berdasarkan kategori. Ada materi bahan ajar berupa puzzle, mewarnai, tracing, art & crafts, mencocokkan dan juga permainan. Semuanya bisa diunduh sesuai dengan kebutuhan dalam membentuk kecerdasan majemuk anak.

Printables Kategori

Pilih Kategori yang Diinginkan

Printables Pilihan

Memilih Kategori Mencocokkan Wajah

Kali ini, Salfa saya ajak untuk belajar dan bermain dengan kategori “mencocokkan wajah”. Saya meminta bantuan suami untuk mencetak di atas kertas berukuran 21 cm x 30 cm. Sengaja oleh suami dicetak dengan ukuran besar supaya Salfa puas dan merasa nyaman dalam bermain dan belajar.

Mencocokkan wajah ini bertujuan untuk melatih kecerdasan visual spasial (mengenal pola dan warna), kinestetik (melatih gerak tangan dengan aktivitas memotong, menempel dan mewarnai) dan naturalis (mengenali bagian wajah manusia). Sebagaimana yang tertulis pada footnote gambar yang sudah dicetak tersebut. Namun, dalam prakteknya Salfa tidak melakukan aktivitas mewarnai karena lebih fokus pada menempel dan menyebutkan anggota wajah, yaitu mata, telinga, hidung dan bibir.

Mencocokkan Gambar

Apakah dengan begitu saya gagal dalam menstimulasi? Tentu saja tidak. Karena aktivitas di atas dengan gambar yang sama bisa diulangi pada hari-hari selanjutnya. Soal materi gambarnya? Ya, tinggal cetak lagi saja. Mudah kan?! Dari hal tersebut saya juga ikut belajar dalam memahami suasana hati dan pikiran anak saat disuguhkan media belajar, meskipun disajikan dengan metode bermain.

Teringat akan penjelasan dari Helly Oktaviana selaku Business Unit Head Nutrition for Kids bahwa “Modul Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan persembahan Morinaga, diharapkan bisa membantu Bunda, dalam mengenali kecerdasan Si Kecil dan memberikan stimulasi yang tepat.” (Sumber: Newsletter Morinaga).

Jadi, saat ini saya tak hanya sibuk memberikan asupan nutrisi terbaik untuk Salfa. Morinaga Chil Kid Platinum yang hadir dengan MoriCare+ Prodiges yaitu sinergi nutrisi dengan stimulasi. Nutrisi yang mengandung tiga sisi perisai pelindung akan membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga stimulasi yang diberikan mampu dicerna dan diterapkan dalam proses melatih kecerdasan majemuk (multiple intelligence). *Kandungan lengkap Chil Kid Platinum dengan MoriCare+ Prodiges terbaru sebagai inovasi dari Kalbe Nutritionals bisa di baca di Kelebihan Susu Morinaga Chil Kid Platinum

Generasi Platinum

Bagaimana dengan Bunda sekalian? Sudah mempersiapkan Generasi Platinum?

Salam dari Bunda Pendamba Generasi Platinum,

Rahmah