Inilah Peran yang Ingin Saya Ambil – Tak terasa bahwa Matrikulasi Koordi sudah berjalan dua pekan. Dan semakin ke sini saya semakin percaya saya tidak salah langkah. Ya, saya ingin menjadi bagian dalam RB Menulis. Kalau pun nanti kemudian saya tidak dalam posisi PJ, tak masalah karena memang passion saya sejak kecil adalah menulis.

Kebetulan sekali di IIP Surabaya, saya diberi kesempatan untuk ditempa dan dilatih untuk memegang amanah kelak di RB Menulis. Dan beberapa planning untuk kegiatan di RB Menulis, antara lain:

Program kerja ini direncanakan selama setahun. Kalaupun ada yang berubah, akan disesuaikan kemudian. Setiap rencana kegiatan memiliki tujuan masing-masing. Setidaknya, ada harapan yang ingin dicapai.

Tantangan yang Akan Saya Hadapi

Ada beberapa tantangan yang kelak akan saya hadapi dalam menjalankan program kerja ini, antara lain:

  • Niat yang khawatirnya dibelokkan, sehingga saya membutuhkan reminder untuk tetap berjalan sebagaimana harusnya
  • Kesungguhan ibu-ibu yang khawatirnya hanya “panas” di awal RB Menulis saja
  • Banyak ibu yang belum memahami benar blog itu apa dan harus bagaimana
  • Jika kelak buku sudah dibuat, apakah penjualannya mampu menutupi target dari penerbit atau tidak
  • Banyak yang menulis, tetapi masih jauh dari EBI

Dan masih ada beberapa lagi tantangan ke depan. Namun, bismillah saya mampu melewatinya karena ada dukungan dari semua pihak di IIP, khususnya IIP Surabaya.

***

Pengalaman Berkoordinasi dengan Kelompok 1

Saya sangat terharu karena antusias ibu-ibu yang ada di kelompok saya benar-benar tinggi. Saya yang saat itu posisinya sedang di desa, akhirnya tidak mampu mengikuti ritme diskusi yang panjang. Saya kemudian belajar mengambil mana point penting untuk saya kerjakan. Dan mereka tetap menerima saya meskipun nyaris terlambat mengumpulkan program kerja.

Susunan kepengurusan yang dibuat secara mendadak pun ternyata tidak keliru person yang ada di dalamnya. Dan saya sangat salut dengan tim design Kelompok 1 yang cekatan dan sabar membuatkan infografis dari setiap program kerja yang masuk. Bahkan ada videonya lho di Steller. Ah, mereka memang hebat sekali. Andai mereka lihat, saya angkat dua jempol untuk semuanya. Daebak!