Jenis Pakaian Perempuan yang Cocok untuk Salfa – Usia 19 bulan benar-benar begitu cepat rasanya. Dengan izin Allah, 5 bulan kemudian Salfa sudah 2 tahun. Aduh, kalau ingat-ingat awal hamil, keraguan selalu muncul di pikiran dan kadang mengganggu mood. Yap, saya selalu merasa tidak mampu merawat amanah dari Allah yang sangat besar ini. Bahkan saking besarnya amanah ini, kelak saya dimasukkan ke surga atau neraka, Salfa akan ikut andil di dalamnya. Duh, jadi makin takut deh!

Jenis Pakaian Perempuan yang Cocok untuk Salfa

Namun, saya kemudian terus mencoba tidak terpisahkan oleh doa panjang, tetap bergaul di komunitas perempuan yang sudah berkeluarga hingga browsing dan membaca seluruh hal tentang parenting, baik dari segi agama maupun selainnya. Dan yang membuat saya sedikit sibuk belakangan ini adalah memilihkan baju yang cocok untuk Salfa (meski sebagian besar adalah berdasarkan kesukaan saya, hehe…)

Kalau mau lihat, ini daftar jenis pakaian perempuan yang cocok untuk Salfa:

  • Dress; Salfa memiliki berat badan yang tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Memakaikan dress pada Salfa menurut saya pantas karena akan terlihat lebih feminim. Dan setiap hari kebanyakan Salfa memakai dress di rumah.
  • Turban; kalau ini untuk menutupi area kepala sekaligus mengajarkan Salfa agar senantiasa menjaga rambutnya dari paparan sinar matahari langsung saat keluar. Tetapi yaa begitulah anak-anak, kadang sudah lama memakai, turbannya dilepaskan sendiri 😀
  • Blouse + Long Pants; kalau ini memang pada umumnya orang tua akan memiliki jenis pakaian seperti ini untuk anak perempuan. Begitupun saya membelinya untuk Salfa. Dipakai saat akan keluar rumah atau menghadiri acara-acara yang diundangan oleh tetangga. Kesannya lebih formal dan sopan.
  • Jilbab; sama halnya dengan turban. Tetapi untuk jilbab kebanyakan dipakai saat akan bepergian untuk acara-acara sangat resmi dan jaraknya yang lumayan jauh.
  • Daster; kalau ini hampir serupa dengan dress, hanya saja kalau daster lebih panjang dan lebih banyak berkain kaos atau batik. Memakai daster sering diselingi dengan dress setiap hari.
  • Overall; kadang dipakai tetapi tidak sering karena Salfa nggak betah dengan jenis baju yang ribet bin rempong. Tangannya suka iseng melepas sendiri.
  • Rok; sampai saat ini Salfa baru punya sedikit rok. Pernah sekali membelinya tetapi terlihat sulit bergerak. Mungkin saat 3 tahun, saya mulai memperkenalkannya lagi.

Nah, yang terpenting juga adalah bagaimana saya memilihkan bahan baju yang adem, warna yang pas, ukuran yang sesuai serta motif yang cantik. Sekarang memang Salfa belum pandai memilih baju ini atau itu yang akan dipakai. Tetapi beberapa bulan lagi, Salfa akan tahu baju mana yang akan dipakainya. Dan yang pasti dia merasa nyaman dengan itu. Saya jadi teringat oleh teman blogger saya, Astin Astanti yang kebanyakan memilih warna baju merah untuk anak pertamanya yang laki-laki.

Kalau soal warna, saya sih suka ungu. Tetapi Salfa harus saya kenalkan dengan warna lain meskipun pelan-pelan saya beritahu kalau Bunda-nya suka warna ungu, hehe… well, meskipun begitu kelak saya juga tidak akan memaksakan warna ungu pada Salfa.