Keluarga Multimedia Day 02: Steemit, Platform Menulis Imbalan Kripto – Sebagai perempuan yang terlahir suka menulis sejak duduk di bangku SD, maka kebiasaan ini boleh dibilang menjadi cara untuk self-healing, mencari income tambahan dan juga sebagai jalan untuk “abadi”.

Ya, menulis untuk abadi memang terdengar klise, tetapi itu benar adanya. Buktinya, banyak penulis yang sudah tiada namun namanya masih terus dipuja, karyanya dibaca bahkan dicetak berulang-ulang demi untuk memenuhi kebutuhan pembacanya. Maka, inilah beberapa alasan yang membuat saya selalu menulis sampai detik ini dan mungkin seterusnya sampai ajal menjemput.

Beruntung karena jaringan pertemanan menyebar dari Sabang sampai Merauke. Banyak teman bisa menambah banyak informasi. Salah satunya dengan platform Steemit. Sebuah “mainan baru” yang kembali mengasah semangat saya untuk tetap menulis dan menulis. Bahkan bonusnya, bisa mendapatkan something yang pastinya orang tidak akan menolak jika mengetahuinya, hehe.

Mengenal Lebih Dekat dengan Steemit

Steemit adalah platform menulis dimana seseorang akan mendapatkan reward berupa asset digital yang kemudian dinamakan “uang kripto”. Memang masih banyak yang belum memahami bahkan mengenal Steemit apalagi uang kripto dengan sistem blockchain.

Di Steemit, kita bisa menuliskan apa saja. Baik itu pengalaman pribadi, cerpen, foto, video bahkan hanya sekadar status seperti facebook, Instagram dan media sosial lainnya pun bisa. Lalu, bagaimana bisa mendapat imbalan dengan postingan seperti itu saja?

Hmm… yang namanya ingin mendapatkan sesuatu, pasti ada proses untuk mendapatkannya, bukan? Begitu juga dengan Steemit. Untuk memperoleh imbalan kripto seperti yang saya sebutkan di atas, postingan kita harus mendapat “nilai”. Nah, pemberi nilai atau vote inilah yang menentukan seberapa besar nilai yang akan kita peroleh. Mereka yang mem-vote postingan kita tentunya juga tidak sekadar vote. Sebab, kekuatan untuk mem-vote harus ada sesuai dengan kekuatan Steem yang dimiliki.

Selain itu, kurasi dari para curator Steemit pun sangat diharapkan keberadaannya yang ujung-ujungnya akan memberikan vote juga. Namun, perlu diketahui bahwa semakin bagus, orisinil dan pastinya masih sangat baru postingan (masih sedikit yang membahasnya) kita, maka curator tidak segan-segan memberikan nilai vote yang tinggi juga.

Pengalaman Menggunakan Steemit

Sejak bergabung bulan Juni 2018 kemarin, saya pun menjadi tertarik untuk mencari informasi lebih banyak lagi soal Steemit. Bergabung ke komunitas yang memang menggunakan platform ini untuk menulis dibandingkan blog biasa.

Karena kesibukan saya yang banyak, tentunya menulis di laptop menjadi sedikit butuh space waktu. Untuk itu, saya kembali mencari kemudahan sehingga tetap bisa menulis walau menggunakan smartphone. Beruntung ada aplikasi Steemit yang mudah dan tidak berat untuk saya buka dengan kapasitas memori smartphone yang terbatas. eSteem, nama aplikasi Steemit yang saya maksud.

Install eSteem untuk ber-Steemit Ria

eSteem adalah aplikasi blogging yang bisa dijadikan media menambang penghasilan dengan kurasi dan komentar.

Berikut beberapa alasan menggunakan aplikasi eSteem yang perlu diketahui:

  • Aplikasinya ringan untuk smartphone Android
  • Bisa mengecek sejauh mana reputasi akun Steemit kita (diperlihatkan dengan statistik)
  • Mudah digunakan dimanapun
  • Menghemat waktu
  • Akan mendapatkan kurasi dari @esteemapp jika beruntung mendapatkan upvote-nya
  • Bisa menyiman beberapa draft yang kemudian bisa dipublikasikan kapan saja
  • Ada fitur schedule yang bisa dilihat seberapa banyak artikel yang menunggu jam tayang
  • Dan masih banyak lagi kemudahan yang diberikan oleh sistem Steemit berbasis aplikasi ini

Bagaimana dengan aplikasi eSteem di atas? Apakah makin menarik teman-teman, khususnya ibu yang hobi menulis? Jika ada yang kurang dipahami, saya siap dikontak agar bisa kita diskusikan dalam grup Steemian, dimana saya mendapat semangat untuk terus menjadi Steemian, insya Allah.

Catatan Penting: Jangan lupa pastikan kita sudah diterima sebagai bagian dari Steemit setelah mendapat password panjang dan sangat rahasia, hehe.

Jangan Lupa Sign Up Di Sini!