Keluarga Multimedia Day 07: Abadikan Karya Hasil Karya si Kecil dengan Notebloc – Masuk sepekan menjalani tantangan keluarga multimedia. Dan kali ini ingin membahas bagaimana menggunakan aplikasi yang bisa mendokumentasikan hasil karya anak meskipun sejatinya bisa juga untuk hasil karya saya pribadi dan suami.

Hanya saja, fokusnya malam ini adalah untuk hasil karya anak saja. Sebab perkembangan si kecil makin kesini makin pesat sehingga membutuhkan media untuk merekam jejaknya. Dan ini untuk sedikit menepis pertanyaan dari orang-orang di luar sana yang senantiasa melontarkan kalimat tanya dengan nada tendensi akibat status saya yang S2 namun HANYA di rumah bersama anak.

Aplikasi Notebloc 

Aplikasi ini sangat ringan.Hanya membutuhkan space sekitar 9.9 MB untuk disimpan sebagai salah satu aplikasi Android di ponsel. Banyak manfaatnya. Apalagi ibu yang senang menulis resep (tak perlu diketik ulang lagi), menggambar sketsa hingga pada mengabadikan momen gambar anak saja.

Bahkan catatan-catatan pembelanjaan kertas dan bahan cetak lainnya yang dilakukan suami bisa tertata rapi dengan aplikasi Notebloc ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Aplikasi Notebloc ini, antara lain:

  • Membuat dokumen dan simpan sebagai PDF atau JPG.
  • Membagikan dokumen secara online: email, pesan instan, jejaring sosial, dll.
  • Mengganti nama dokumen.
  • Mengklasifikasikan dokumen berdasarkan tanggal pembuatan atau edisi.
  • Memilih dalam ukuran PDF apa yang kita ingin menyimpan catatan Anda.
  • Mendigitalkan gambar / dokumen lain yang mungkin ingin Anda simpan bersama catatan Notebloc yang kita punya.
  • Menambahkan, salin dan pesan halaman dalam dokumen yang sama.
  • Membuat folder untuk mengatur file kita dengan lebih baik.

Pengalaman Menggunakan Notebloc

Awalnya saya mengira si kecil Salfa sekadar melakukan corat-coret tak berarti. Namun, semakin ke sini, ternyata coretan tangannya memiliki arti tersendiri bagi si kecil. Seperti pada gambar yang saya posting dalam artikel ini. Tadinya saya pikir ini gambar boneka kacang yang jadi hadiah salah satu sajian fast food ternama. Namun, saya pun fokus kepada gambar bulat di tengah. Kemudian saya bertanya:

“Fa, ini gambar apa to, Nak?”

“Oh, ini gambar Bunda sama adek bayi.”

Jleb. Saya pun kaget mendengar jawabannya yang polos seperti itu. Ternyata di tengah itu seolah-olah si gambar ibu yang mengandung adek bayi. Haha.

Yaa rupanya si kecil Salfa sedang berandai-andai memiliki adek bayi. Tak hanya karena melihat perut saya yang besar, tetapi juga karena teman-temannya sudah punya adik. Bahkan salah satu sahabat yang sudah seperti saudara baru-baru ini melahirkan juga. Dan Salfa senang melihatnya hingga ingin dibawa pulang, haha.

Maka saya pun beruntung bertemu dengan aplikasi Notebloc ini yang bisa saya abadikan dan share ke keluarga. Bahkan sekadar jadi bahan postingan di akun Instagram atas nama si kecil.

Gambar difoto/scan

Kemudian

Gambar anak diubah ke bentuk hasil scanning yang lebih terang dan alas putih

Selanjutnya hasil scanning bisa kita simpan sesuai keinginan dalam bentuk .pdf atau .jpg. Disesuaikan saja dengan kebutuhan keluarga. Kalau saya pribadi lebih senang ke .jpg karena bisa lebih mudah share ke keluarga (terutama tante, om dan neneknya) karena kondisi kami yang jauh dari mereka.

Jika khawatir dengan ukuran file yang besar, bisa diatur. Bahkan jika ingin diabadikan dengan dicetak menjadi buku pun bisa. Tinggal atur sesuai gambar di bawah ini:

Nah… dengan adanya aplikasi Notebloc ini, semua karya anak kita, baik berupa gambar, tulisan atau sekadar corat-coret tidak akan terlewat. Yaa asalkan kita sebagai orang tua rajin mengumpulkan.

***

Well… bagaimana dengan aplikasi Notebloc di atas? Mudah menggunakannya, bukan? Jika tidak memahami, bisa baca ulang kembali petunjuknya. Selamat bersenang-senang dengan hasil karya anak…