Keluarga Multimedia Day 08: Petualangan BOCI, Teman Bermain Digital si Kecil yang Aman – Memasuki zaman dimana semua serba digital, tentunya keluarga yang ada saat ini pun dihadapkan pada problema parenting yang memanfaatkan gadget sebagai media pembelajaran. Namun, beragam teori parenting pun berdatangan dengan aturan ketat persoalan menggunakan gadget. Lalu, apakah sama sekali tidak harus mengenalkan?

Kalau saya pribadi akan sulit untuk meninggalkan gadget karena sudah jadi pekerjaan setiap hari harus menggunakannya. Seiring dengan hal tersebut, maka mau tidak mau, si kecil pun harus terpapar dengan gadget di usia balita. Memang sih sebagai ibu harus menelan pil pahit ketika ada yang men-judge tentang pilihan kami. Toh, orang melihat semuanya dari luar saja, bukan? Ssst… nggak boleh baper… 

Aplikasi Petualangan BOCI

Aplikasi ini sebenarnya pernah saya review beberapa waktu lalu karena  ada teman yang meminta untuk itu. Hanya saja waktu itu Salfa masih belum bisa berbicara seaktif sekarang. Sehingga dari sekian banyak aplikasi Petualangan Boci, yang sering dimainkan adalah permainan interaktif soal Warna.

Botchi ini digambarkan sebagai karakter yang rasa ingin tahunya besar. Senang berpetualang dengan hal baru dan pastinya dengan dibantu beberapa temannya yang menjadi tokoh di sini, maka aplikasi Boci ini menjadi lebih interaktif. Tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan anak saat mengenalkannya.

Intinya, Aplikasi Petualangan BOCI ini hadir sebagai Buku Cerita Interaktif untuk memantapkan 3 Pilar Filosofi yang dimiliki, yaitu:

  • Kedekatan dengan Orang Tua
  • Pengalaman Eksplorasi dan Eksperimen
  • Story telling

Harapannya, dengan Aplikasi Petualangan BOCI ini, orang tua bisa semakin memperkuat bonding dengan anak karena mengarahkan anak bermain plus menemani dengan batasan gadget timing, karena anak-anak tidak akan pernah bisa dikekang jiwa eksplorasi dan keinginannya yang besar untuk mengetahui hal-hal baru. Dengan melakukan bonding salah satunya bercerita bersama aplikasi petualangan BOCI ini, orang tua dan anak tetap menjalin hubungan harmonis, anak tetap cerdas dan pastinya senantiasa ingin menambah wawasannya setiap waktu.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Petualangan BOCI 

Nah, Botchi ini yang merupakan ikon binatang bunglon dalam aplikasi ini akan menunjukkan beberapa benda dengan warna kemudian, user diminta untuk memasukkan benda tersebut sesuai warna. Tanpa perlu banyak menjelaskan, Salfa sudah bisa melakukannya.

Bisa dilihat pada postingan saya di: Belajar Interaktif bersama BOCI 

Alhamdulillah karena tidak perlu memberikan penjelasan panjang tentang aplikasi ini kepada Salfa karena untuk anak-anak di atas 2 tahun pastinya sudah memahami instruksi yang ada, meskipun sejatinya aplikasi ini untuk anak usia 4-6 tahun. Ya, balik lagi pada masing-masing kondisi anak.

Beberapa aplikasi Petualangan BOCI yang bisa jadi pilihan dan pastinya disesuaikan dengan usia anak:

***

Well… aplikasi bermain digital ini memang asik. Namun sebagai orang tua perlu memberikan batasan dan peraturan kepada anak agar tidak terlena hingga kemudian lupa waktu. Karena kecanduan gadget juga tidak baik untuk tumbuh kembang. Dan tentunya kita tidak ingin juga anak tidak memahami, bukan?