Keluarga Multimedia Day 12: Menemukan Nama Tumbuhan dengan Aplikasi Pl@ntNet – Saya masih ingat bagaimana antusiasinya si kecil Salfa dalam mencari tahu apa yang ada di sekitarnya. Meskipun saya berlatar pendidikan science bukan berarti bahwa segalanya diketahui. Ilmu yang luas melebihi luasnya samudera tentu menjadi alasan bahwa satu manusia akan membutuhkan manusia lain. Begitu juga dengan kasus yang saya alami bersama si kecil.

Tadinya saya berpikir bahwa mengenalkan buku sejak di dalam kandungan akan memudahkan dalam proses menjalani kehidupan sebagai ibu. Ternyata, justru di saat usia seperti inilah si kecil menjadi banyak tanya dan tidak akan pernah puas dengan jawaban seadanya. Dan tibalah saat ketika si kecil Salfa menemukan sebuah gambar bunga yang kemudian ditanyakan kepada saya dan juga ayahnya. Kami yang memang tidak memahami langsung mencari tahu via google. Tetapi hasilnya nihil. Bahkan memusingkan.

Lalu, saya mencari tahu pada teman SMA saya yang jago di mata pelajaran Biologi. Menanyakan perkara ini memang sedikit ada beban, yaitu:

  • Khawatir mengganggu karena toh rasanya seperti pertanyaan sepele
  • Teman saya masih single sampai sekarang dan begitu mapan untuk menikah, apalagi profesinya sebagai dosen. Ada rasa segan untuk memulai percakapan

Hingga kemudian saya mendapat info dari suami bahwa ada aplikasi yang bisa mengidentifikasi foto tumbuhan dengan menggunakan Android. Saya pun meng-install dan senangnya karena jawaban yang saya inginkan rupanya ada.

Nah, kejadian ini kembali terulang beberapa jam lalu. Di salah satu grup WhatsApp, ada yang menanyakan nama sebuah tumbuhan dengan melampirkan foto. Seketika tanpa pikir panjang, saya pun membuka aplikasi tersebut dan mencari tahu namanya. Yaa… seperti yang Mba @alaikaabdullah dan @fararizky tahu bahwa saya tidak pernah bisa tinggal diam untuk mencari dan memberi informasi. Daaan… senangnya karena nama tumbuhan yang ditanyakan oleh teman tersebut ada dan bisa terjawab.

Aplikasi Pl@ntNet untuk Belajar Menemukan Nama Tumbuhan

Karena beberapa ada yang penasaran, maka saya tuliskan saja di sini. Lumayan menjadi tambahan entry blog juga plus menggugurkan kewajiban tantangan Keluarga Multimedia di hari ke-12. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui sepertinya sedang saya alami malam ini. Nah ini dia aplikasi Pl@ntNet yang bisa diunduh via Android. Aplikasi ini didukung oleh Tele Botanica yang diprakarsai oleh 4 (empat) organisasi penelitian di Perancis yaitu Cirad, INRA, Inria dan IRD. Aplikasi Pl@ntNet masih gratis sehingga tidak perlu khawatir harus berlangganan untuk menggunakan. 

Cara Kerja Aplikasi Pl@nNet 

Jadi, cara kerja aplikasi ini:

  • Buka aplikasi dan tekan tanda kamera di kanan bawah
  • Setelah itu akan ada tulisan Choose a picture with yang terdiri atas 2 pilihan, kamera atau galeri
  • Karena foto teman saya sudah ada di galeri WA, maka saya langsung mengambil dari situ
  • Selanjutnya ada perintah Choose an organ. Artinya, kita diminta untuk lebih detail memberikan informasi organ apa yang ingin kita ketahu. Kalau saya sih pilih “Fruit” karena foto teman saya terlihat seperti buah.
  • Setelah selesai, klil “Result” maka hasilnya akan keluar beberapa tanaman yang sama tingkatan Genus-nya
  • Voila! Kasus terjawab dan pastinya banyak informasi yang diperoleh seputar tanaman tersebut

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Pl@nNet

Berikut gambar dari foto yang dicari tahu oleh teman dan hasil yang diperoleh dari aplikasi. Cara kerjanya pun tidak rempong. Sangat mudah.Saya yang memiliki anak dengan rasa ingin tahu tinggi pun jadi bisa membantu teman yang lain.

Well… segala sesuatu akan mudah jika kita banyak mencoba, membaca, melebarkan jaringan pertemanan dan pastinya yakin bahwa masalah selalu ada solusi. Benar begitu kan?