Menstimulasi Anak Suka Membaca (Day 14): Calistung – Hari ini adalah hari yang semakin mendekati akhir dari games di Level 5 Bunda Sayang. Harusnya hari ini Salfa masih melanjutkan buku Bunda dan Pohon yang masih berada di pertengahan halaman. Tetapi sepertinya ada rasa jenuh dan saya pun tidak bisa memaksa. Dan Salfa pun tertarik dengan buku yang berjudul Calistung. 

Pasti yang kenal bu Septi P. Wulandari pun sudah mengetahui bagaimana wujud buku ini. Ya, buku ini sangat cocok bagi anak yang sedang belajar membaca dan menghitung. Mulai dari alfabet a-i-u-e-o hingga pada jumlah bilangan sederhana 1-10. Saya pun jadi penasaran mengapa Salfa tiba-tiba tertarik dengan buku ini. Rupanya sampul dan gambar-gambar yang ditampilkan di dalam buku ini memang menarik perhatiannya. Ada beberapa hewan dan benda yang sudah diketahui namanya. Bahkan si ayah sempat heran melihatnya dari jauh, dimana Salfa membuka halaman demi halaman kemudian menyebutkan dengan benar benda yang ada di situ sesuai kode yang saya berikan ke si ayah.

Ah, betapa bangga ayahnya terpancar dari mata. Saya pun sesekali berlinang karena Salfa menangkap apapun dengan cepat. Dan sungguh membuat saya harus semakin banyak membaca dan belajar juga. Karena memiliki anak dengan tingkat penangkapan yang tinggi juga membutuhkan orang tua yang bisa mengimbangi. Jika tidak, kasihan.

Well… sudah hari ke-14 dan Alhamdulillah Salfa tidak pernah bosan dengan buku. Meskipun mood untuk satu buku yang sama berbeda. Ada yang ingin dibaca berulang-ulang sampai saya hapal sendiri tiap adegan di dalam buku tersebut sampai buku yang hanya disentuhnya sekali karena isinya mungkin belum menarik perhatiannya. Pastinya saya hanya berharap mood membaca itu selalu ada dan mendarah daging di dalam diri Salfa. Sebab, membaca adalah perintah pertama yang Allah turunkan kepada Nabiyullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Pohon literasi Salfa hari ke-14:

Hmm… besok baca buku apalagi ya?