Menstimulus Anak Suka Membaca (Day 6): HOP! – Masuk hari keenam, Salfa makin cerewet saja soal buku. Bahkan hampir komunikasi produktif saya tidak berjalan. Untung saja selalu ada pasangan yang selalu mengingatkan bahwa mengasuh anak itu sungguh sangat tugas yang tidak mudah.

Hari ini baca buku HOP! yang merupakan seri dari Rabbit Hole. Dan lagi saya ingin mengatakan bahwa buku ini tidak beli, tetapi diberi oleh tante-tante yang cantik, pintar dan sholehah beberapa waktu lalu. Bayangkan saja ada yang nyeletuk seperti ini: Wah, pantas Salfa suka baca buku, lha wong sering diberi. Anggap saja angin masukan untuk semakin kuat dengan terjang badai omongan ya, haha. Intinya, Salfa sejak di dalam kandungan sudah mengenal buku, karena jauh sebelum menikah, menikah, hamil, melahirkan dan sampai sekarang, saya masih bersentuhan dengan buku.

Buku HOP! ini bercerita tentang bagaimana sebuah siklus kehidupan. Dilengkapi dengan aplikasi dorong-tarik-geser-putar pada buku ini membuat Salfa ketagihan. Bisa dibaca sampai beberapa kali bahkan ada yang dengan kata-katanya sendiri. Seolah-olah bahwa Salfa mengajari sang Ayah.

Ada 10 halaman dengan desain boardbook, membuat saya senang memberikannya kepada Salfa. Saya tidak khawatir sobek, terlipat atau bahkan remuk karena basah terkena susu atau air minumnya saat baca. Di dalam buku ini ada cerita metamorfosa katak, dan intinya adalah bagaiman diceritakan asal mula kejadian manusia dan hewan. Dibawakan sederhana sehingga tinggal sang orang tua yang harus pandai menemani saat membaca.

Pohon Literasi Salfa hari keenam: