Kalkulator kehamilan adalah salah satu yang penting diketahui oleh ibu hamil. Informasi yang diberikan pada kalkulator ini bisa menjadi acuan dalam menentukan langkah apa yang akan diambil oleh ibu hamil. Apalagi jika tidak memiliki waktu atau masih was-was menemui dokter kandungan karena situasi pandemi seperti ini.

Apakah kalkulator kehamilan ini akurat? Tidak akan ditemukan kesalahan jika tidak dicoba dan melakukan pengecekan langsung selama proses kehamilan. Namun, kesalahan di sini lebih kepada maju mundurnya prediksi karena semua dihitung dari informasi Hari Pertama Haid Terakhir atau disingkat dengan HPHT.

kalkulator kehamilan

Berikut pentingnya menggunakan kalkulator kehamilan yang perlu diketahui oleh ibu yang sedang menjalani masa kehamilan:

1. Bisa Digunakan untuk Mengetahui Berat Badan Janin

Siapa sih yang tidak ingin berat badan janin yang dikandung tumbuh dengan normal dan pastinya sesuai dengan usia kehamilan? Nah, keberadaan kalkulator kehamilan tentunya untuk mengetahui berat badan janin setiap bulannya atua per trimester. Hal ini untuk memberikan informasi atau warning jika berat badan janin tidak sesuai dengan batas normal.

Kalau memang berat badan janin kurang, bisa segera melakukan kontrol ke dokter kandungan untuk sama-sama mencari solusi. Biasanya berat badan janin diharapkan tidak perlu terlalu besar perkembangannya di dalam rahim karena overweight juga akan menimbulkan masalah bagi ibu hamil.

2. Dapat Memprediksi Waktu Lahiran

Dokter kandungan biasanya memberikan informasi mengenai hari perkiraan lahiran atau sering disebut dengan HPL. Biasanya memang sudah ada tanggal yang diperkiraan tapi kalau menggunakan alat kalkulator yang khusus digunakan dalam pregnancy  akan lebih praktis. Apalagi di tengah pandemi seperti ini biasanya was-was untuk melakukan kontrol ke rumah sakit.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa semua hanyalah prediksi sebagai media untuk untuk ibu hamil dan keluarga mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini, Kadang sesuai atau pas dengan tanggal tersebut, tetapi tidak sedikit juga yang melewati bahkan mengalami persalinan sebelum tanggal prediksi.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kasus-kasus yang diluar dari kebiasaan persalinan. Bisa saja ibu hamil atau janin mengalami perkembangan yang bermasalah sehingga harus disiasati dengan tidak emosional tetapi mencegahnya agar tidak terjadi. Salah satu jalannya adalah dengan rajin melakukan pengecekan dan kontrol, baik menggunakan kalkulator kehamilan atau menghubungi dokter kandungan pastinya.

3. Bisa Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Selain berat badan janin yang perlu diketahui, berat badan untuk ibu hamil juga penting untuk dikontrol. Sebab, masalah proses persalinan juga salah satu penyebabnya adalah ibu yang melebihi berat badan normal. Akibatnya proses tarik nafas mengalami hambatan karena durasinya yang pendek-pendek atau sulit untuk tarik nafas panjang karena kegemukan.

Selain itu, berat badan yang terlalu tinggi juga memicu kondisi janin menjadi sedikit terganggu karena lemak yang mengganggu pada organ dalam, khususnya pada bagian perut dan panggul.

Nah, kalkulator kehamilan ini bisa diakses dengan aplikasi atau situs Halodo. Apa itu Halodoc?

Halodoc ini bisa menjadi referensi kesehatan dan medis yang sangat mudah diakses siapa saja. Aplikasinya pun saat ini sudah ada sehingga bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Khusus untuk kalkulator kehamilan pun bisa diakses dengan mudah sehingga ibu hamil bisa mendapatkan banyak informasi dan referensi dengan cepat mengenai kehamilan.

Bahkan, ibu hamil bisa melakukan chat denga dokter kandungan untuk menanyakan hal-hal seputar apa yang dialami selama kehamilan trimester I hingga proses lahiran.

***

Jadi, tunggu apalagi? Ibu hamil dimana saja bisa memanfaatkan kalkulator kehamilan ini agar kehamilan tetap berjalan lancar dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses kehamilan hingga persalinan.