Proyek Keluarga untuk Ruang Berkarya Ibu – Sebenarnya saya malu banget berada di tengah ibu-ibu yang super duper kece proyek keluarganya. Saya bahkan saat menuliskan ini masih bimbang harus mengajukan proyek apa. Tetapi yang namanya tugas yaa, saya harus selesaikan, bukan? Maka inilah rencana proyek keluarga yang ingin saya kembangkan bersama suami:

Booming-kan Channel Youtube Anak

Rencana ini sebenarnya sudah ada sejak anak kami berusia 1 tahun. Bakat anak kami sepertinya memang lebih kepada pandai ngomong di depan publik dengan cepatnya fasih dalam menyebutkan kata demi kata. Oleh karena itu, kami mencoba mengenalkan anak dengan youtube channel anak-anak yang popular. Ternyata anak kami senang dan terlihat antusias.

Pernah kami uji coba anak kami bicara di depan kamera dan kami merekamnya dalam bentuk video, Alhamdulillah banyak respon baik. Untuk itu, kami bertekad mencoba membuat proyek ini berjalan dalam waktu dekat. Tinggal saya mulai meng-upgrade diri tentang editing video. Sedangkan si Ayah bertugas untuk optimasi channel.

DIY Permainan

Karena saya suka dengan metode Montessori, kami juga ingin membuat DIY agar kelak menjadi bahan acuan orang-orang di media sosial. Kami membuat tutorial, baik itu video maupun blog khusus.

***

Rencana awal seperti itulah Proyek Keluarga kami. Memang tidak secetar ibu-ibu yang sudah sejak pekan lalu riweuh nge-list proyek di grup. Cukuplah proyek kami berjalan pelan-pelan tetapi ada manfaatnya untuk yang melihat.

Dan sebenarnya paling penting bagi keluarga kami adalah konflik internal tidak pernah menghalangi kami untuk bertumbuh bersama hingga akhir hayat.