Semua Anak adalah Bintang (Day 6): Bermain Peran Part 2 – Hari ini Salfa sedang diuji dengan kesehatannya. Otomatis, saya sebagai Bunda diuji juga kesabarannya. Dan tahu sendiri, Salfa jadi anak manja tingkat dewa sampai-sampai tidak ingin saya lepas dari pandangan matanya walau sesaat. Hasilnya, LPJ Milad kemarin masih belum tersentuh juga.

Nah, daripada semua pekerjaan jadi pending, saya menghibur hatinya untuk mau sejenak melepaskan saya agar semua orang di rumah ini bisa makan, rapi dan juga customer bisa terlayani dengan baik. Akhirnya, Salfa sepakat tetapi dengan syarat, harus bermain peran seperti kemarin. Wow wow… saya pun terdiam sejenak apakah mengiyakan atau tidak.

Dan beruntung hari ini ada campur tangan sang Ayah. Karena kondisi Salfa yang kurang enak badan dan muntah-muntah entah beberapa kali sejak sore tadi, maka sang Ayah memilih berganti peran dengan saya sejenak sampai urusan rumah selesai. Nah, meskipun sakit, Salfa tetap saja punya banya jalan untuk happy. Kalau kemarin Salfa berperan sebagai Ibu, maka hari ini dia berperan sebagai Ayah. Bayangkan saja ayahnya yang segede gitu diminta bertingkah seperti bayi. Haha… saya yang mengamatinya dari sebelah ruangan tidak pernah berhenti menahan tawa.

Salfa meminta sang Ayah untuk tidur, minum susu, bahkan dipijat karena dianggap masuk angin. Lalu Salfa bertindak seperti ayahnya yang mondar-mandir untuk memastikan kondisi si ayah (yang bermain peran jadi Salfa). Dan tidak jarang Salfa mengeluarkan kalimat-kalimat seolah dia menerima orderan undangan atau cetakan kalender.

“Oh iya Pak. Mau pesan berapa?”

Karena hal tersebut lucu dan diperagakan dengan aksen yang sama persis dengan ayahnya, maka jadilah saya ayah pun tertawa. Ya, iyalah… lihat tingkah balita yang menirukan orang dewasa selalu saja mengundang tawa.

Dan bermain peran ini kemudian saya semakin yakin bahwa Salfa senang menjalaninya. Bahkan saat menjadi ayah, Salfa kemudian dengan mudahnya membersihkan mainannya yang berantakan di dekat kardus, sebagaimana yang sering dilakukan sang ayah. Hmm… entah besok Salfa akan menunjukkan kehebatan apalagi…