So Good CERDIK, Alternatif Terapi Anak Kecanduan Gadget – Pernah nggak sih kebayang punya anak balita tetapi sudah tidak mau lepas dari gadget? Ada yang mengalami hal serupa? Hmm… saya akan menjadi orang yang mengangkat tangannya tinggi-tinggi.

Ya, Salfa yang saat itu masih beranjak usia 2 tahun, ternyata bisa kecanduan gadget sehingga mengganggu pola tidur dan pola makannya. Melihat hal tersebut, tentunya saya menjadi menyesal menjadikan gadget sebagai solusi penenang dia dulu. Apalagi di rumah, saya dan suami memang tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone, laptop. Otomatis anak kami pun melihat dan ingin mengikuti, bukan?

Namun, bukan berarti bahwa Salfa kemudian harus lepas total sama sekali dengan gadget. Apalagi jika kemudian merebut benda yang sangat disukainya tersebut secara tiba-tiba. Reaksi spontan yang tidak menerima perlakukan kami pasti akan muncul. Jika sudah seperti itu, yang ada hanyalah rumah ramai dengan amukan Salfa, kami orang tua menjadi terganggu dalam menjalankan aktivitas bahkan tetangga bisa jadi menjadikan kami sebagai contoh rumah tangga yang selalu “ramai” setiap hari. Padahal hanya karena persoalan Salfa dijauhkan dari gadget.

Beberapa langkah kami lakukan untuk kemudian perlahan-lahan melepas Salfa terlepas dari kecanduan gadget ini. Karena kami tidak ingin menyesal di hari tua dengan membiarkan Salfa berada dalam situasi bahwa gadget mampu membuatnya anteng padahal sejatinya Salfa adalah anak yang sangat aktif. Kami tidak mau masa golden age Salfa kemudian terbuang percuma tanpa menerima wawasan atau stimulus yang seharusnya dari kami, orangtuanya.

Hadirnya So Good CERDIK Menjadi Salah Satu Konten Positif di Dunia Digital

Saya sangat beruntung hidup di zaman semua serba digital ini. Mengapa? Karena segala sesuatu ada untuk memudahkan manusia. Beragam aplikasi yang muncul tidak lain untuk mengajak manusia hidup dalam serba kemudahan. Salah satunya adalah So Good CERDIK yang dapat di-install dalam smartphone.

So Good CERDIK menghadirkan sebuah cara asik bermain gadget dengan konten yang seru dan pastinya anak-anak suka. Saya pun kemudian menyatakan bahwa aplikasi ini menambah konten anak yang positif di dunia digital. Membuat suasana bermain gadget anak jadi lebih asyik dan pastinya orang tua tidak perlu khawatir kalau anak terpapar konten negatif yang bertebaran di luar sana.

Alternatif Terapi dari Kecanduan Gadget

Karena saat ini saya sedang berusaha bagaimana Salfa terlepas dari gadget itu sulit, maka saya memberlakukan gadget timing. Ya, karena seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa menjauhkan sepenuhnya Salfa dari gadget itu mustahil karena saya dan ayahnya setiap hari harus menggunakan smartphone. Sangat aneh jika melarang anak sementara kami sendiri menggunakan.

Belum lagi saat ini Salfa sudah sangat kritis. Dirinya tidak akan terima dijauhkan dari gadget sementara ayah dan ibunya memegang gadget setiap hari. Anak pasti akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya, bukan?

Untuk itu saya menjadikan So Good CERDIK sebagai alternative terapi dari kecanduan gadget. Maksudnya seperti apa? Saya menjadikan konten yang ada dalam aplikasi ini sebagai media saya untuk memperkenalkan kepada Salfa bahwa bermain gadget itu bisa tanpa harus melihat video dari youtube saja.

Lebih Dekat dengan So Good CERDIK

So Good CERDIK adalah aplikasi yang bisa diunduh di Google Pay. Cara memainkannya sangat mudah. Anak-anak pasti akan senang karena permainan ini menggunakan teknologi digital AR atau Augmented Reality. Jadi bermain seolah-olah gambarnya nyata di depan mata anak-anak.

Kartu yang ada dalam kemasan So Good

Cara Bermain So Good CERDIK terlebih dahulu harus menggunakan kartu yang diperoleh dari kemasan So Good Siap Masak 400 gr. Jenis produk So Good pun bisa apa saja (disesuaikan dengan kebutuhan). Karena anak saya senang dengan nugget, maka saya membeli So Good Dino Bites. Selain bentuknya berupa Dinosaurus (hewan kesukaan Salfa), kebetulan juga varian So Good Dino Bites ini termasuk best seller di salah satu minimarket dekat rumah saya.

Nah, setelah membeli, kartu dan frame yang ada di dalam kemasan dibuka dan kemudian di arahkan pada kamera smartphone. Tetapi, sebelumnya smartphone sudah ter-install So Good CERDIK apk. Saat mulai memainkannya, reaksi Salfa sudah bahagia banget. Betapa senangnya Salfa bisa membaca cerita bersama ayahnya sambal menikmati nugget yang masih hangat.   

Mungkin ada yang bertanya, apa itu So Good CERDIK? Kok saya bisa menjadikannya sebagai alternatif terapi kecanduan gadget? Berikut saya paparkan beberapa manfaat dari aplikasi So Good CERDIK yang bisa jadi referensi:

  • Mudah dioperasikan itu yang paling penting
  • Tidak khawatir akan konten yang ditonton saat jadwal gadget anak
  • Bonding antara anak dan orang tua lebih terbentuk karena bermain So Good CERDIK memancing interaksi yang intens antara anak dan orang tua
  • Konten yang berupa dongeng di dalam So Good CERDIK mampu menggali daya imajinasi anak plus pola pikir. Hal ini dikarenakan konten So Good CERDIK bertindak sebagai stimulus kecerdasan tersebut.
  • Tak hanya konten dongeng, resep untuk ibu pun bisa dilihat dalam aplikasi ini.
  • Kartu dikemas dalam bingkai lucu sehingga bisa dijadikan untuk frame foto anak juga.
  • Bisa mengoleksi dongeng tanpa harus merasa rumah penuh dengan koleksi buku.

Dan masih banyak lagi manfaat lain dari So Good CERDIK. Jadi, insya Allah memilih So Good CERDIK sebagai alternatif terapi kecanduan gadget pada anak saya tidak lagi menjadi hal yang perlu dicemaskan. Salfa pun mengerti bahwa saat ini jadwal bermain gadget di malam hari akan selalu dinantikan karena kami isi dengan konten cerita seru dan asik dari So Good CERDIK. Dan Salfa adalah salah satu anak yang paling suka mendengarkan cerita.

So Good CERDIK? Why not…?!