Think Creative – Day 14: Kolam Mandi Boneka Barbie – Hari ini Salfa sedang melakukan aktivitas gunting-menggunting. Pastilah kegiatannya ini menuai rasa khawatir si Ayah. Namun, dengan tegas saya katakan kalau percaya saja sama Salfa. Asalkan diawasi, anak ini tidak akan melakukan hal aneh. Maka jadilah hari ini Salfa meminta beberapa lembar kertas berwarna, kertas Origami maksudnya.

“Salfa mau gunting kertas berwarna, Nda. Minta kertasnya boleh?”

“Iya, boleh.”

Maka saya pun cuma mengamati dari jarak beberapa cm. Tampak antusias tangannya bergerak mengambil satu demi satu kertas dengan warna berbeda. Ah, apa sih yang tidak membuat Salfa antusias? Rasanya selalu excited dengan hal-hal yang membuatnya antusias. Dan akhir-akhir gunting menjadi benda kesukaannya. Mungkin dalam pikirannya, memegang gunting sudah sangat hebat karena bisa membuat kertas menjadi potongan kecil.

“Bunda, sudah banyak kertas guntingnya.”

“Mau dijadiin apa? Dijaga dengan baik, nanti terkena kipas angin, kertasnya bisa terbang.”

“Oke, Bunda.” tangannya bergerak mencari fan remote. Ternyata kreativitasnya yang pertama adalah “mengubah haluan kipas angin” agar tidak tertuju padanya. Karena dia sangat paham kertasnya akan beterbangan.

***

Tak beberapa lama, Salfa lalu berteriak:

“Bundaaa, boneka Barbie-nya mandi. Cihuuuyyy!”

Saya kaget karena khawatir mandi beneran pakai air. Ternyata oh ternyata, don’t assume menjadi reminder hari ini. Ya, saya menyangka, tepatnya berprasangka buruk, jika Salfa mainan air di dalam rumah. Padahal “mandi” yang dimaksud adalah dengan potongan kertas tadi. Hasil guntingan kertasnya memang kecil-kecil dan banyak. Jadi wajar Salfa senang karena bisa “menyiram” bahkan “merendam” bonekanya dalam bak berisi guntingan kertas.

Untung bak mandinya tidak sebesar baskom atau ember di dalam kamar mandi. Kebayang deh gimana membereskannya. Yes, Salfa is creative for today. Ketika emaknya kehabisan ide, anaknya yang semangat menumbuhkan ide baru.