Tips Atasi Anak Picky Eater bersama Yummy App – Ibu mana yang tidak resah ketika mendapati anak mengalami permasalahan dalam hal makan? Biasanya ibu, orang tua pada umumnya, sangat senang ketika anaknya bertubuh gemuk, makan dengan lahap, tidak pilih-pilih makanan. Namun, namanya kehidupan tidak semua memberikan kemudahan demikian.

Anak saya picky eater sejak berusia 1 tahun. Kisahnya berawal dari saat sudah memasuki usia dimana saya harus menyediakan Makanan Pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI. Saat itu, saya mengikuti petunjuk dari buku MPASI yang ditulis oleh beberapa ahli bahkan ada dokter. Beragam jenis makanan sesuai dengan petunjuk saya upayakan ke anak, hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Bahan makanan kadang terbuang percuma. Hanya ada satu bahan yang kemudian selalu resctok karena menjadi bahan makanan favorit si anak. Seiring dengan kondisi tersebut, saya berupaya lagi hingga kemudian si anak sudah memasuki usia 7 tahun saat ini. Apakah masih picky eater? Masih, tetapi sudah tidak seberat beberapa tahun sebelumnya.

Bagaimana Mengatasi Anak yang Picky Eater?

Segala sesuatu di dunia ini pasti ada solusinya. Begitu juga dengan anak yang memiliki kemampuan hanya menyukai jenis-jenis makanan tertentu. Masih beruntung karena anak ini masih mau makan, berbeda lagi jika misalnya tidak mau makan sama sekali dengan melakukan GTM alias Gerakan Tutup Mulut, pastinya akan lebih pusing lagi.

Tips Mengatasi Anak Picky Eater bersama Yummy App

Berikut beberapa tips mengatasi anak yang sangat memilih makanan untuk dikonsumsinya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memaksa Anak

Ini penting diketahui. Anak tidak boleh dipaksa melainkan diberi pengertian. Namun, jika masih memilih makanan yang akan dikonsumsinya, beri ruang si anak menikmati makanannya tersebut. Memaksa anak justru makin melukainya dan biasanya berdampak pada kesehatan mental si anak yang efeknya bisa terlihat saat dewasa nanti.

2. Makan Bersama Anak

Seperti yang sering kami lakukan di rumah sehingga anak ikut melihat betapa makanan yang disantap itu sangat lezat. Apalagi jika ada menu yang kita harapkan dimakan oleh si anak tetapi sulit dimakan sendiri meskipun disuapi. Makan bersama bisa menjadi role model anak bahwa orang tuanya saja menikmati lezatnya, tentunya dia juga harus dong.

3. Biarkan Anak Menyentuh Makanannya

Jangan melarang anak untuk memegang makanannya sendiri dengan alasan anak masih kecil, makanan nantinya berhamburan dan lain sebagainya alasan orang tua pada anaknya. Karena saat anak menyentuh makanannya, sel-sel saraf dalam diri anak akan bekerja sendiri karena bisa merasakan tekstur makanan yang ada dihadapannya.

4. Pola Makan Diatur

Maksudnya di sini adalah sebisa mungkin setiap hari jadwal makan tidak pernah berubah di rumah. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan sudah terprogram dalam ingatannya bahwa ada waktu untuk makan dan bermain. Setelah diatur, orang tua tidak boleh sedih jika anak kemudian hanya memakannya sedikit. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

5. Cari Ide Variasi Menu di Yummy App

Nah, kemajuan teknologi membuat saya kemudian makin bahagia karena mengolah bahan makanan untuk anak picky eater semakin mudah. Bahkan saya berharap semakin memudar sifat tersebut seiring dengan berjalannya waktu. Saat ini sudah ada aplikasi Yummy App yang memudahkan saya di dapur.

Ada Apa dengan Yummy App?

Pertanyaan yang diajukan oleh sebagian besar teman-teman dengan anak picky eater juga. Nah, berikut beberapa fitur Yummy App yang bisa jadi referensi dan juga manfaat bagi ibu di mana saja berada;

1. Fitur Masak

Dalam fitur ini akan mengarahkan kita sebagai user untuk melihat Fitur Memilih Bahan Makanan. Nah, untuk picky eater pastinya hanya akan mau dengan bahan makanan tertentu. Mayoritas bahan makanan yang sering kita olah pastinya akan membosankan jika itu-itu saja. Dalam fitur ini ada deretan bahan makanan yang bisa dikombinasi satu sama lain.

2. Filter Budget

Nah, ini penting juga nih di masa sekarang yang sangat mengguncang finansial mayoritas orang karena pandemi. Anak picky eater ditambah dengan masalah keuangan yang tidak stabil, pastinya sangat mengganggu stabilitas emosi dan tekanan dalam diri, khususnya ibu rumah tangga.

Memasak dan menyiapkan makanan di rumah menjadi kewajiban tetapi akan menjadi challenge karena anak picky eater. Oleh karena itu, Yummy App sangat membantu agar tetap semangat mengolah bahan makanan meskipun yang sesuai bujet.

3. Fitur Tulis Resep

Jika punya anak dengan masalah picky eater, tidak perlu menganggap itu sebuah hal yang sangat mengkhawatirkan karena tips mengatasinya sudah bisa diikuti pada penjelasan sebelum ini. Nah, di Yummy App ini kita bisa lho berbagi resep soal anak yang picky eater agar banyak ibu di luar sana yang bisa menjadikannya referensi masak.

Misalnya saja mengolah kentang atau wortel yang selama ini dibuat sup saja, maka melihat resep di Yummy App, kedua bahan makanan ini bisa dibuat dengan beraneka ragam masakan utama atau dessert. Tinggal kita saja yang kemudian memilih mana yang sesuai dengan selera anak karena yang paling tahu anak kita ya kita sendiri, bukan?

More Info tentang Yummy App

Download Yummy App dengan Mudah

Untuk lebih jelasnya, bisa langsung download saja aplikasi Yummy App di  https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.yummy.mobile. untuk Andorid dan untuk iOS bisa ke link https://apps.apple.com/id/app/id1459867843

***

Well, sangat berharap tips mengatasi anak picky eater ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang memiliki masalah yang sama. Pastikan Yummy App selalu menjadi solusi ide mengolah bahan makanan yang aman, kreatif dan ramah dengan finansial keluarga. Salam sayang untuk anak-anak di rumah.