Tips Mengatasi Sulit Tidur Saat Hamil – Tidur adalah kebutuhan yang paling penting untuk manusia. Dengan tidur, energi kembali terbarukan dan akan lebih segar dalam menjalankan aktivitas. Manusia biasa saja membutuhkan tidur. Apalagi jika kondisi tersebut ada pada wanita yang sedang hamil. Tentu energi yang diperlukan akan lebih besar.

Tips Mengatasi Sulit Tidur Saat Hamil

Namun, tidur ternyata tidak mudah bagi seorang wanita atau ibu hamil. Kondisi tubuh yang sedang mengandung calon buah hati sedikit menghilangkan rasa nyaman untuk tidur dalam posisi seperti biasanya. Nah, karena saya juga sedang hamil dan sudah memasuki kehamilan minggu ke-28, sulit tidur juga saya alami dan sangat mengganggu jika tidak diatasi dengan baik.

Ini ada beberapa tips mengatasi sulit tidur saat hamil yang saya lakukan dan lumayan berjalan dengan baik:

  • Mandi atau berendam dengan air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh agar lebih rileks.
  • Temani tidur dengan alunan suara Al Qur’an (untuk yang muslimah). Bisa juga dengan musik dengan bernada lembut.
  • Ajak suami untuk memijat bagian pundak, kaki atau punggung secara perlahan.
  • Konsumsi makanan yang cukup, tidak kurang atau lebih. Jika perlu dibantu dengan asupan susu hamil dengan kandungan Tryptophan . Kandungan dalam susu ini akan cepat membuat rasa kantuk pada ibu-ibu hamil.
  • Posisikan bantal di antara kedua lutut Bantal lainnya diletakkan di atas panggul dan bantal lainnya lagi menopang perut di samping, kanan atau kiri. Usahakan posisi tidur miring ke kanan atau ke kiri, bukan telentang karena akan menyebabkan susah tidur karena sesak nafas.
  • Bayangkan hal-hal menarik yang bisa membuat tersenyum dan membayangkan sedang sibuk dengan sesuatu yang menyenangkan tersebut.
  • Sering melakukan rileksasi pernapasan agar sirkulasi udara dalam tubuh tetap baik dan ketegangan otot bisa dikurangi.

Tips mengatasi sulit tidur saat hamil di atas juga sudah saya share di SINI

Selamat mencoba dan semoga kehamilan saya, Anda dan kita semua tetap berjalan lancar sampai proses persalinan…