Ular Tangga, Permainan Edukatif untuk Perkembangan Anak – Senangnya kalau diminta flashback. Apalagi jika ditanya soal permainan masa lalu yang masih disenangi sampai sekarang. Jawaban saya ada dua yang utama meskipun sebenarnya ada banyak. Pertama adalah ular tangga dan satunya lagi adalah “bongkar pasang”.

ular tangga untuk permainan edukatif

Ular Tangga di Zaman Old

“Ma, giliran kamu nih.” sapa teman saya agar saya segera menuntaskan giliran bermain.

“Wih, dapat angka 6. Naik tanggami tawwa sedeng anakna orang.” seru teman yang lain ketika melihat angka dadu saya.

Begitu seterusnya saking asyiknya bermain ular tangga. Jika selesai kerja kelompok, ular tangga jadi permainan untuk sejenak refreshing. Usia saya saat itu masih duduk di bangku SD. Silakan tebak saja umur saya, haha.

Ular Tangga di Zaman Now

Kalau yang sudah ada di dunia ini sejak tahun 80-an pasti paham dengan permainan yang saya sebutkan di atas. Masih ada lagi yang lain sih namun sampai sekarang saya masih senang dengan permainan itu. Namun untuk permainan bongkar pasang, saya lebih ke selera anak sendiri untuk saat ini. Usia masih balita belum pantas rasanya jika saya memberikan permainan bongkar pasang dengan tokoh utamanya adalah cewek berbikini, hihi.

Nah, untuk ular tangga sendiri, saya seringkali mengajak si kecil ikut playdate dengan beberapa yang suka dengan kegiatan ini. Salah satu komunitas yang menyediakan permainan ular tangga sebagai permainan edukatif zaman now ini adalah Kampung Dolanan. Ada juga sih di Surabaya dan sekitarnya menjual permainan satu ini dengan berbagai jenis ukuran. Ada yang kecil hingga seluas halaman rumah pun ada. Dan saya pernah mengajak Salfa bermain ular tangga ini dengan ukuran yang besar.

Manfaat Ular Tangga untuk Perkembangan Anak

Saya sangat setuju jika ular tangga dianggap sebagai salah satu permainan edukatif untuk perkembangan anak. Karena ular tangga mampu melatih anak untuk:

  • Melatih motorik kasar dan halus anak
  • Membentuk bonding antara anak dan orang tua
  • Membantu anak untuk mengenal angka dan kosakata
  • Melatih anak untuk berjuang hingga finish
  • Mengenalkan anak tentang dinamika hidup

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya ketika memainkan ular tangga. Kalau dulu hanya gambar angka, ular dan tangga serta kotak-kotak saja, sekarang sudah lebih beragam. Desain ular tangga pun mengikuti kekinian anak zaman now. Bahkan orang tua pun menjadi belajar kembali bagaimana mengenalkan Bahasa pada anak.

Ular Tangga di Era Digital

Tak disangkal bahwa kemajuan teknologi juga menyentuh berbagai sisi kehidupan. Permainan ular tangga pun sudah masuk ke ranah digital dalam bentu permainan online. Hanya saja, akan tetap lebih nikmat rasanya jika berkumpul bersama keluarga, teman bahkan orang tua sendiri ketika bermain ular tangga. Dengan ukuran dan bentuk yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, rasanya tidak akan pernah bosan untuk dimainkan. Anak-anak pun bisa dicegah untuk terpapar gadget lebih lama di dalam rumah.

***

Well… itulah ular tangga, permainan edukatif yang ternyata bisa dijadikan media untuk menstimulasi tumbuh kembang anak. Walaupun sudah ada sejak zaman dulu, tetap saja ada kerinduan dan kebahagiaan tersendiri saat memainkannya.

Nah kalau kamu, suka main apa dulu waktu kecil?