[KIP] Saya Ibu Rumah Tangga, Saya Bangga – Beranikan diri hadir di acara pembukaan Konferensi Ibu Pembaharu, maka tentunya harus hadir juga di acara Penutupan sekaligus Deklarasi 1 Dekade Ibu Profesional. Tanggal 22 Desember 2021 yang bertepatan juga dengan Hari Ibu, Ibu Profesional hadir dengan perubahan dan janji baru sebagai perempuan di Indonesia.

Kalimat Saya Ibu Rumah Tangga, Saya Bangga akhirnya terngiang dan menjadi semacam kekuatan penuh bagi yang hadir malam itu. Betapa besar kekuatannya sehingga sampai berhari-hari deklarasi berlalu, kalimat itu sungguh masih terngiang.

Sambutan Awal Deklrasai 1 Dekade Ibu Profesional

Acara tidak berlangsung dengan menampilkan Bu Septi tetapi ada acara pendahuluan yang menghadirkan jajaran ibu yang sudah merasakan perkembangan Ibu Profesional

Petualangan Bu Septi 

Perjalanan menghadirkan Ibu Profesional bukan semulus jalan tol. Banyak kerikil, lubang dan rintangan lainnya yang harus dilewati sehingga bisa tetap kokoh berdiri tegak menebarkan semangat dan inspirasi ke ribuan ibu di dunia ini. Ya, Ibu Profesional tidak hanya terdengar gaungnya di Indonesia melainkan sudah sampai ke Asia.

Pentolan Ibu Profesional berasal dari berbagai wilayah, mulai dari desa terpencil hingga kota besar karena energi positif yang disebarkan menjadi alasan ibu-ibu untuk ikut dan mengambil peran. Belajar menjadi perempuan, ibu dan juga istri yang bersungguh-sungguh sehingga keluar sebagai ibu peradaban dan juga pembaharu.

Terharu bahkan terisak ketika mendengar suara lantang beliau menceritakan bagaimana begitu disepelekannya karir sebagai ibu rumah tangga. Dianggap hanya berurusan dengan 3 UR saja, Dapur-Kasur-Sumur. Padahal banyak yang bisa lebih berdaya dibandingkan hanya berkutat pada 3 hal tersebut.

Ibu Pembaharu dan Deklarasi

Perjalanan panjang akhirnya sampai di titik 1 Dekade. 10 tahun yang sangat menguras emosi dan juga tenaga tetapi terbayar dengan baik karena ibu-ibu yang berhasil masuk ke Bunda Salihah sebagai gerbang menuju Ibu Pembaharu tidak sedikit. Banyak yang menunjukkan komitmennya untuk berbagi dan terus belajar menjadi ibu yang tak sekadar berdaya di rumah tetapi juga sekelilingnya.

Deklarasi yang terdiri atas 6 Poin Utama pun disampaikan lantang oleh Bu Septi sebagai perwujudan akan komitmen dan konsistensi semua ibu, khususnya yang berdiri di jajaran terdepan, sehingga Konferensi Ibu Pembaharu diadakan dengan begitu mewah dan meriahnya 17-22 Desember 2021.

Harapan Besar untuk Woman In Coolaboration 

Deklarasi usia tetapi berkarya terus berjalan. Ibu Profesional akan terus mengadakan event untuk merangkul ibu-ibu serta menyebarkan informasi serta kreativitas para ibu dengan Konferensi Ibu dengan tajuk Woman In Coolaboration yang pastinya muatan selalu positif dan menampilkan apa saja dari ibu dan untuk ibu.

Harapannya, tidak ada lagi ibu rumah tangga yang merasa useless karena kondisi yang harus berada di rumah dan bagi ibu yang bekerja di ranah publik pun tetap semangat untuk menjalankan peran yang sudah disadari konsekuensinya.

Seperti apa nantinya, let’s we see soon.

***

Well, berakhirnya Konferensi Ibu Pembaharu bukan berarti akhir dari perjuangan ibu-ibu. Namun, ini menjadi awal untuk bangkitnya semangat perjuangan baru untuk menjalani kehidupan sebagai perempuan, ibu dan juga istri. Semangat yang sudah ditransfer Bu Septi pada malam penutupan diharapkan menjadi motivasi untuk percaya diri, khususnya bagi ibu rumah tangga, dan terus berkarya dengan maksimal sesuai passion.