Daftar Kebutuhan Sekolah Anak TK yang Perlu Disiapkan

Daftar Kebutuhan Anak TK

Anak TK atau Taman Kanak-Kanak memang waktunya untuk bermain dan belajar di sekolah. Anak-anak belum dibebankan untuk memikirkan hal-hal yang kompleks mengenai pelajaran. Justru ini tantangan orang tua dan guru agar anak tetap mampu berpikir secara kritis.

Kebutuhan atau keperluan anak TK juga tidak sekompleks anak-anak yang sudah pada jenjang SD dengan kelas besar. Namun, pada kenyataannya di lapangan, anak-anak TK juga sudah banyak yang dibebani dengan tugas sekolah. Ujung-ujungnya orangtua yang mengerjakan.

Hmm, harusnya yang demikian perlu pertimbangan sekolah dalam menjalankan kurikulum. Apalagi saat ini Kurikulum Merdeka Belajar yang artinya semua orang punya kesempatan belajar yang sama, di mana pun dan kapan pun. Nah, untuk anak TK justru jadi kesempatan bagus menjadikan bermain sebagai media belajar paling menyenangkan.

Namun, semua itu memerlukan persiapan juga, baik untuk guru maupun orangtua dalam mengadakan perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan anak untuk sekolah di TK.

Ini Kebutuhan Anak TK yang Perlu Diketahui

Kebutuhan ini tidak lain adalah perlengkapan sehingga saat berada di sekolah tidak kebingungan atau menangis karena tidak punya. Ya, biasanya anak TK lebih cenderung menjadikan tangisan sebagai bentuk persoalan yang dihadapi.

Daftar Kebutuhan Anak TK

Supaya di sekolah anak juga tetap nyaman belajar dan mengikuti pembelajaran, sebaiknya siapkan perlengkapan berikut:

Alat Tulis

Alat tulis di sini tentu adalah pensil. Bukan pulpen atau pena. Sebab, anak TK masih proses berlatih menulis. Jika keliru masih bisa dihapus dengan penghapus karet, bukan dengan penghapus berupa cairang putih atau berupa tape. 

Alat tulis pun sebisa mungkin beli lebih dari satu untuk mengantisipasi kehilangan di sekolah atau mungkin patah dan sebagainya.

Alat Mewarnai

Anak TK selalu identik dengan menggambar dan mewarnai. Nah, ada baiknya orangtua menyiapkannya juga. Jumlahnya pun tidak perlu yang terlalu banyak, minimal 12 atau 24 warna sudah cukup. Kecuali jika memang sejak dini terlihat bakatnya mewarnai atau menggambar, bisa dilengkapi kebutuhannya dengan alat mewarnai yang lebih banyak juga sesuai kebutuhannya.

Tempat Bekal

Tidak perlu yang mahal. Apalagi karena trend sehingga mengikuti kotak bekal bersekat yang mahal. Anak TK masih sangat polos dan belum ada cara berpikir untuk flexing. Nah, ketika orangtua membiasakannya, maka mau tidak mau akan diikuti juga.

Nah, sebaiknya tempat bekalnya juga yang penting bisa muat camilan bergizi untuk anak jika memang pulangnya cepat. Anak TK paling lama di sekolah hanya sekitar 2-3 jam saja. Kecuali jika ada kegiatan tertentu.

Tempat Minum

Pastikan juga sudah membawa tumblr minum. Tidak perlu yang bermerk. Cukup bawa yang mudah dipalikasikan oleh anak dan airnya tidak mengenai baju meski anak-anak minumnya masih belum sefokus orang dewasa.

Tas Punggung

Nah, ini dia yang tak kalah pentingnya karena untuk mengangkut semua poin satu hingga akhir tentunya dengan tas. Karena anak masih TK maka sebaiknya memang pakai tas punggung atau ransel. Hal ini bisa membentuk tulang anak tetap berada di posisi normal setiap hari.

Jangan diisi dengan barang-barang yang tidak penting karena bisa mengganggu fokus anak di sekolah. Bawa saja bekal, alat tulis dan lainnya tetapi tidak dengan tas bukan ransel.

***

Well, selalu upayakan membeli kebutuhan saja bukan keinginan anak. Apalagi sekarang banyak sekali pernak-pernik sekolah yang lucu dan unik. Nah, pastikan anak TK tetap fokus dengan bermain dan belajar saja di sekolah dan di rumah.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*