Tips agar Balita Aktif Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tips agar Balita Aktif Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Pernah mengalami kelelahan seharian menemani anak balita rewel? Tentu tidak menyenangkan ya, Bun. Saya pun pernah mengalaminya dan beberapa waktu lalu juga demikian. Anak ketiga yang usianya 2 tahun sangat aktif sekali tetapi malam hari jadi susah tidur.

Kalau saya masih di kampung, pasti tetangga atau keluarga besar bilangnya si anak diajak main sama jin lah, anak habis lihat sesuatu lah dan masih banyak lagi pendapat mistis lainnya. Bunda bukannya malah tenang tapi makin menjadi khawatir dan kesal, bukan? Sama.

Makanya beruntung kalau sudah lepas dari mitos-mitos yang seringkali membuat kita tanpa sadar tergelincir ke syirik. Waliyadzubillah. 

Lalu harus seperti apa dong kalau anak balita tidak bisa tidur nyenyak di malam hari? Apa yang harus dilakukan apalagi kalau balita-nya aktif sangat.

Berikut beberapa hal bisa dicoba untuk membuat anak balita mudah tidur nyenyak di malam hari meski termasuk dalam balita aktif alias jarang bisa diam, bergerak terus.

Tips agar Balita Aktif Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Pastikan Kasur atau Tempat Tidur Bayi Nyaman Dipakai

Ini dimulai dengan pemilihan seprei yang lembut, menyerap keringat dan pastinya dingin meski cuaca sedang panas. Lalu, lampu kamar tidur tidak terlalu terang. Kalau balita senang, bisa mematikan lampu agar balita benar-benar mengistirahatkan penglihatannya.

Ya, anak aktif akan selalu bergerak untuk melihat ke sekelilingnya. Hal sepele saja yang ada di dinding misalnya itu bisa membuat fokusnya untuk tidur menjadi berubah. Untuk itu, pastikan kasurnya juga nyaman sehingga setelah berbaring di kasur, balita makin ingin terlelap segera.

Bersihkan Tubuh Bayi Terlebih Dahulu

Ini penting agar tubuh si balita tetap terjaga kesegarannya. Keringat bagi anak aktif itu sangat luar biasa cepat untuk muncul. Makanya sebisa mungkin tubuh anak lebih fresh saat akan diajak tidur. Bisa dibasuh dengan kain lap hangat atau mungkin mandi air hangat juga bisa.

Setelah itu, kalau ada kebiasaan menggunakan bedak gatal bagi balita yang bermasalah dengan keringat, bisa dilakukan.

Siang Hari Dicegah untuk Tidur Siang

Tidak ada yang keliru dengan tidur siang. Biasanya kalau sudah melakukan tidur siang, masuk waktu malam mata anak belum mengantuk. Bagi anak yang sangat aktif, pagi sampai sore itu waktu yang nyaman untuk bermain apa saja. Kalau balitanya cowok, tentu sangat menyenangkan memainkan mobil-mobilan, sepedaan bahkan lari-larian dalam konteks bermain.

Nah, kalau saya pribadi senang kalau anak aktif di siang hari yang artinya tenaga anak akan full terkerahkan. Saya membiarkan anak bermain sepuasnya di siang hari. Jika memang mengantuk, sebisa mungkin tidak tidur di atas jam 2 siang. Kalau lewat, sudah dipastikan tidak akan mampu tidur cepat di malam hari bahkan tidur pun jadi tidak nyenyak.

Pastikan Anak Kenyang

Ini juga faktor yang perlu diperhatikan jika anak tidak tidur nyenyak. Bunda harus pastikan dulu si balita makan sesuai porsi dan tepat waktu serta kenyang. Kalau anak kenyang, tentu tidak akan berpikir otaknya untuk melawan rasa lapar. Untuk itu, saat masuk malam hari biasanya anak sudah mengantuk dan bersiap memanggil bunda atau ayah untuk dibacakan buku sebelum tidur.

Camilan boleh diberikan asalkan porsinya tidak sama banyak dengan makanan utama.

***

Well, anak yang bisa tidur nyenyak di malam hari pastinya akan memberikan keceriaan seharian pada si anak. Apalagi kalau usianya masih balita, tentu akan sangat rentan dengan faktor sekelilingnya juga.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You May Also Like