Ragam Kegiatan Anak di Hari Lebaran

Kegiatan Saat Lebaran

Saya masih ingat dulu waktu kecil ketika Lebaran tiba, suasananya jadi membosankan. Orangtua sibuk ngobrol dengan keluarga lain, seperti nenek, tante dan om. Anak-anak dibiarkan main sendiri bermain dengan anak dari anggota keluarga lain.

Anak-anak sih memang suka tetapi ada batas waktu juga mereka mampu bermain dengan tenang dan nyaman. Kalau orangtua tidak peka, anak bisa bosan meski banyak sepantaran. Alhasil bisa tantrum ini dan itu agar mereka mendapat perhatian kembali.

Lakukan Ini Saat Lebaran Nanti

Sesuai dengan pengalaman keluarga besar dari mama, anak-anak kecil tuh banyak sekali dan bukan main ramainya ketika berkumpul semua. Supaya mereka tidak bosan dan buru-buru mau cepat pulang, orangtua bisa menyediakan beberapa hal berikut:

Permainan Board Game

Kalau punya permainan yang bisa dimainkan banyak orang, sebaiknya dibawa. Dengan catatan bahwa si anak bisa menjaga permainan tersebut tidak sampai rusak. Bahkan bisa disampaikan sebelum mengajak anak-anak untuk bermain tentang aturan tidak merusak properti permainan.

Pastinya seru karena anak yang biasanya main hanya dengan saudara kandung kali ini dengan keluarga yang baru bertemu lagi saat hari raya.

Lomba Pancing Uang

Keluarga besar saya di Makassar suka melakukan kegiatan ini. Tahun lalu lumayan anak sulung saya bisa mancing uang nyaris 200 ribu, haha. Ditambah dengan ayahnya anak-anak ikut bermain. Lumayan sekali bisa pulang bawa banyak uang.

Namun, permainan ini sedikit sensitif kalau ada anggota keluarga yang sedang bermasalah dalam keuangan. Biasanya tidak mau ikut bermain. Santai saja dalam menghadapinya, apalagi momen Lebaran sebaiknya tetap disikapi dengan hati yang tenang dan sabar.

Kegiatan Saat Lebaran

Membaca Buku

Meski tidak semua keluarga menerapkan habit membaca, tetapi anak-anak yang sudha terbiasa membaca agar tidak bosa saat silaturahim bisa disiapkan 1-2 buku bacaan. Jika terkesan tidak ingin membaur dengan keluarga yang lain, dimaklumi saja sebab kenyamanan anak juga penting.

Kalau anak tenang, kita pun juga nyaman berinteraksi dengan sanak famili lainnya. Belum lagi kalau baru bertemu dari sekian purnama yang sudah terjadi. Rasanya sayang aja kalau diganggu dengan anak yang tantrum dan merengek minta pulang segera.

Berikan Camilan Favorit

Meski Lebaran bukan berarti anak-anak lupa dengan camilan. Nah, camilan ini bisa jadi alternatif menghibur anak di rumah keluarga besar agar tetap enjoy berkumpul. Bahkan anak bisa diajak berbagi dengan meminta anak memberikan ke seluruh anggota keluarga yang hadir. Anak-anak pasti senang karena camilan yang menurutnya enak juga dinikmati orang lain.

Ajak Bantu-Bantu Siapin Makan Minum

Khususnya anak perempuan akan excited jika diajak menyiapkan makanan dan minuman untuk anggota keluarga yang hadir. Sekalian anak belajar dan mengenal menu-menu yang biasanya ada saat Lebaran. Anak pun akan terlatih untuk percaya diri ketika menyajikan dan mempersilakan anggota keluarga yang lain untuk menyantap sajian.

***

Jangan paksa anak jika memang mood sedang tidak bersahabat. Berusaha menenangkan agar suasana Lebaran tidak berubah menjadi lingkungan yang ingin kita tinggalkan. Anak-anak bisa dipahamkan sejak dari rumah sebelum mudik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You May Also Like