Tips Meninggalkan Anak di Rumah Tanpa Drama

Tips Meninggalkan Anak di Rumah Tanpa Drama

“Bun, nanti perginya lama?”

“Bun, aku ditemani siapa?”

“Bun, mau ikut boleh?”

Dan berbagai kalimat pertanyaan yang muncul ketika anak melihat orang tuanya sedang bersiap untuk keluar rumah. Saya merasakannya juga waktu kecil. Ketika mama mau ke pasar saja, saya harus memastikan rumah dalam kondisi aman untuk saya bermain tanpa mama. Bahkan meminta kepastian mama apa saja yang bisa saya lakukan di rumah.

“Ma, camilan ada kan?”

“Mama kunci pintu dari luar gak?”

Semua untuk memastikan aku bisa aman di rumah. Sebenarnya sedih sih karena mau ikut juga tetapi tidak semua hal demikian. Mama juga pasti repot kalau saya ikut terus. Ada kalanya mama juga pengen sejenak menepi dari anak-anaknya. Bukan karena benci aktivitas sebagai ibu, tetapi butuh me time istilah kekiniannya.

Nah, begitu juga saat ini. Saya dan pasangan selalu memastikan anak-anak nyaman ditinggal sejenak. Bahkan saya harus berusaha menunjukkan bahwa bunda pergi cuma sejenak karena ada urusan. Kalau pun misal hanya ke pasar, saya pastikan mereka memahami bahwa ada tujuan penting kenapa harus berangkat.

Siapkan Hal-Hal Ini Sebelum Tinggalkan Anak di Rumah

Berikut beberapa hal yang harus saya pastikan bersama pasangan sebelum memutusukan keluar rumah berdua menggunakan sepeda motor:

Tips Meninggalkan Anak di Rumah Tanpa Drama

 

Tidak Ada Kompor yang Menyala

Ini penting karena saya juga masih kontrak dan rumah agak berdempetan. Kasihan jika karena ulah kami semua orang jadi susah. Semoga dijauhkan dari hal seperti itu. Mengecek kompor dan tabung gas dalam kondisi aman. Tidak menyalakan kompor kalau tahu ingin keluar rumah. Anak-anak memang sudah tahu cara menyalakan dan mematikan kompor tetapi saya tidak ingin cari masalah. Lebih baik kompor tidak menyala jika ingin tinggalkan rumah meski cuma ke warung dekat rumah.

Camilan Anak Tercukupi

Tiga anak saya doyan dengan camilan. Jika sudah camilan maka mereka akan anteng bermain atau menonton. Nah, saya siapkan agar mereka tidak berulah di dalam rumah. Anteng saja tanpa melakukan hal-hal aneh. Camilan-nya pun tidak perlu yang muluk-muluk, siapkan puding dingin di kulkas, mereka sudah senang dan kenyang,

Selalu Menyampaikan Bahaya Jika Berulah

Berulah di sini dalam artian yang negatif. Misalnya bermain-main korek api, atau semacamnya. Intinya mereka dibekali pengetahuan hal-hal apa saja yang berbahaya jika dilakukan di rumah tanpa orang tua. Hal ini akan membuat anak makin memahami pentingnya menjaga sikap dan menjaga kondisi rumah tetap aman.

Anjurkan Anak Membaca

“Ayo anak-anak, silakan baca buku apa saja, saat pulang nanti bunda akan tanya isi bukunya apa!”

Ya, saya sesekali menerapkan ini agar anak tidak bosan dan berulang kali menghubungi karena bete. Pastikan juga sebagai orang tua menyediakan buku-buku menarik di rumah yang disukai anak-anak.

Tidak Bergerak ke Arah Pintu Meski Mendengar Orang Mengetuk

Ini untuk menunjukkan ke anak-anak agar orang lain tidak tahu kalau ada anak kecil di dalam rumah tanpa orang tua. Intinya, orangtua sudah punya kunci dan tidak mungkin mengetuk minta dibukakan pintu karena kuncinya dibawa. Anak juga akan merasa tenang tidak ketakutan karena tidak peduli dengan siapa yang mengetuk. Jika penting, pasti mereka akan menelpon ke orang tua bukan mengetuk pintu.

Segera Hubungi Orangtua Jika Ada Hal Aneh

Jika akan pergi, kami akan meninggalkan satu hape yang bisa dipakai untuk menghubungi kami. Bahkan mereka juga bisa memesan sesuatu jika memang itu urgent untuk kami beli. Tidak semua juga yang mereka minta diberikan sebab khawatir dijadikan kesempatan minta apa saja karena ditinggal. Bagi kami itu bukan kebiasaan baik.

***

Well, pastikan selalu anak bahagia dengan kondisi apa pun di sekelilingnya sehingga meski tidak ada orang tua tetap bisa bermain atau beraktivitas lainnya. Sebab, tidak selamanya urusan orang tua harus membawa anak selalu ke lokasi pekerjaan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You May Also Like