Anak Ulang Tahun, Tak Harus Selalu Dirayakan

Anak Ulang Tahun, Tak Selalu Perlu Dirayakan

“Anaknya ulang tahun ya? Kok enggak dirayakan?”

“Tidak apa-apa, Ma. Tidak selamanya kalau ulang tahun juga butuh dirayakan.”

“Kasihan si anak jadi enggak punya momen deh.

“Momen yang paling diingat anak sih ketika orang tuanya selalu ada ketika anak butuhkan. Bukan dengan segala fasilitas yang dianggap cukup tapi bisa saja hati anak kita kosong dan haus perhatian.”

Seperti itulah komentar saya ketika ada yang tanya dan menyerempet ke julid. Saya harus berusaha membuat hal urgent didahulukan sebelum yang lain-lain. Sebab ketika sibuk mengurusi hal yang bisa saja ditunda atau tidak perlu dirayakan dengan maksimal.

Lalu apa yang bisa dilakukan saat anak ulang tahun tanpa harus merayakannya sebagaimana umumnya? Hmm, berikut beberapa cara merayakan hari lahir anak tanpa harus merayakannya:

Ajak Main ke Playground

Orang tua yang memahami anaknya pasti akan memilih langkah ini. Apalagi kalau si anak memang aktif dan suka mengeksplor apa saja di sekitarnya. Ketika anak ulang tahun, bisa diajak main ke playground dengan batasan waktu yang mungkin lebih lama dari biasanya.

Saat anak bertambah usia memang sudah sewajarnya orang tua harus paham sudah sejauh mana milestone anaknya selama ini.

Anak Ulang Tahun, Tak Selalu Perlu Dirayakan

Ajak Anak Tetangga Bermain di Rumah

Anak yang suka bersosial pasti suka kalau banyak orang dan kenalan adalah aktivitas menyenangkan. Orang tua jadi tahu karakter tetangganya. Bahkan mungkin anak tetangga diajak untuk memberikan ucapan satu per satu.

Pasti anak senang karena banyak tangan baru yang menjabatnya. Dari sini anak akan makin percaya bahwa banyak sekali yang menyayangi dan melindunginya.

Belanja Kebutuhan Sekolah

Kalau pas lagi ada uang, memang tidak apa-apa jika membelikan sesuatu karena keperluan sekolah itu biasanya disangka ada ternyata habis, disangka tumpul padahal lancip. Semua bisa asalkan memang dibutuhkan di sekolah.

Ajak Makan di Restoran Kesukaan

Kalau yang ini, saya jujur sering melakukannya. Makan adalah hal yang masih urgent untuk dilakukan karena anak bisa menambah energi dan nutrisi. Makan makanan kesukaan tentu menambah daya tarik anak untuk tahu lebih dalam mengenai keluarganya.

Boleh ajak teman? Hmm, ini harus konfirmasi pada orang tua. Sebab, kalau orang tua tidak ada di rumah selalu. Saya pun juga was-was jangan sampai kondisi rumah juga sedang tidak baik-baik saja. Anak tetangga yang ke rumah bisa jadi reporter dadakan dengan melaporkan semua isi rumah yang dilihat pada orang tuanya.

Jadi, memang sediakan mainan anak serta buku-buku bacaan sebelum anak-anak tetangga bermain dengan baik.

***

Well, bertambahnya angka pada umur anak kita artinya bertambah pula kekuatan orang tuanya untuk terus belajar memahami dirinya agar mampu memahami anaknya. Jangan sampai lelah dan berhenti sebab tugas kita sangat panjang, bahkan setelah dunia kiamat pun.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You May Also Like